Beranda / Arsip Berita / INSPIRASI / 5 Jenis Keahlian Dasar Yang Perlu Dimiliki Untuk Menunjang Hidup Hemat
shafiyyatul.com

5 Jenis Keahlian Dasar Yang Perlu Dimiliki Untuk Menunjang Hidup Hemat

Salah satu aspek terpenting dalam kehidupan adalah aspek keuangan. Untuk bisa bertahan hidup dengan penghasilan yang tidak sebesar artis Hollywood ataupun para konglomerat, kita perlu belajar untuk hidup dengan hemat. Penghematan berguna untuk menekan pengeluaran hidup sehari-hari sekaligus mengumpulkan tabungan.

Pada dasarnya, ada beberapa keahlian dasar yang perlu kamu miliki supaya hidup hemat semakin mudah dicapai. Coba simak beberapa jenis keahlian dasar yang bisa kamu pelajari berikut ini:

1. Keahlian memasak makanan sendiri

Punya keahlian memasak akan sangat menguntungkan untuk berhemat selama kamu punya niat. Luangkan waktu untuk membuat sendiri makan siang atau makan malam kamu. Selain lebih hemat, memasak bekal sendiri juga lebih menjamin makanan yang kamu buat aman dikonsumsi karena kamu sendiri yang membuatnya.

Bagi kamu yang tidak bisa memasak, cukup kuasai saja keahlian memasak yang sederhana seperti memasak nasi atau membuat telur rebus. Penghematan yang kamu lakukan sudah cukup lumayan dengan memasak nasi dan membuat telur rebus sendiri.

2. Bermain dengan data, alias analisis data

Jika kamu jago memanfaatkan aplikasi pengolahan data seperti Excel, kamu bisa membuat daftar pengeluaran kamu dan melakukan analisis. Kamu dapat mengecek pengeluaran mana saja yang cenderung tidak diperlukan, tren kategori pengeluaran tertentu, dan hal-hal lain yang bisa kamu lihat kalau kamu punya keahlian pengolahan data yang bagus.

Kalaupun kamu kurang pede dengan Excel, kamu bisa memanfaatkan aplikasi smartphone untuk pengolahan data budget dan pengeluaran rutin kamu. Kuncinya adalah disiplin dan mau meluangkan waktu untuk mengeceknya.

3. Keahlian pertukangan atau otomotif

Kalau kamu punya keahlian yang satu ini, kamu bisa menghemat uang sekaligus waktu jika ada yang tidak beres dengan kendaraan kamu. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan keahlian kamu untuk membuat berbagai macam peralatan sederhana (DIY – Do It Yourself) untuk membantu hidup sehari-hari. Keahlian yang lumayan menarik, bukan?

4. Desain grafis

Jika kamu pandai memanfaatkan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop, ada banyak keuntungan yang kamu peroleh. Misalnya, kamu tidak perlu repot-repot menyewa orang untuk membuat desain kartu undangan pesta ulang tahun anak atau pesta perayaan lain. Kamu tinggal membuat sendiri desainnya dan serahkan ke supplier pencetak kartu undangan.

Keahlian ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang. Ada banyak orang yang tidak jago dalam hal desain akan mencari-cari kamu untuk membuatkan mereka desain sederhana seperti logo atau kartu nama.

5. Disiplin membaca

Bagaimana membaca dapat membantu kamu hidup hemat? Banyak membaca akan membuat wawasan kamu lebih luas untuk berbagai tips hidup hemat. Selain itu, belajar mengenai manajemen keuangan pribadi dan pengetahuan-pengetahuan keuangan dasar juga akan sangat membantu kamu untuk melakukan penghematan dan membuat keputusan finansial yang tepat.

Sumber : Kompas.com

Baca Juga

shafiyyatul.com

Pendidikan yang Menumbuhkan Oleh Anies Baswedan

Berikut ini adalah catatan ringkas dari sambutan Bapak Anies Rasyid Baswedan, mantan menteri pendidikan yang …