Beranda / Arsip Berita / INSPIRASI / Kesulitan Mahasiswa “Print” Tugas Dorong Ega Menciptakan “Copycino”
shafiyyatul.com

Kesulitan Mahasiswa “Print” Tugas Dorong Ega Menciptakan “Copycino”

Kehidupan mahasiswa tidak pernah jauh dari mencetak tugas-tugas dengan bantuan printer alias mesin cetak. Kesulitan yang kerap dialami para mahasiswa dalam mencetak tugas mendorong Theodorus Ega berinovasi dan mendirikan bisnis sendiri. Ega merupakan mahasiswa tingkat akhir di Prasetiya Mulya Business School. Idenya untuk mendirikan Copycino, inovasi berupa anjungan cetak gratis, berawal dari salah seorang temannya.

“Ada teman saya yang minta tolong print tugas setelah ayahnya meninggal dan ekonomi keluarganya berubah. Print tugas kan bisa sampai ratusan ribu rupiah. Akhirnya, Ega meluncurkan Copycino pada tahun 2013, namun konsepnya sudah digodok sejak dua tahun lalu dengan modal awal Rp 50 juta.

Ega mengaku, layanan yang diluncurkannya ini adalah layanan berbasis teknologi dan cloud. Menurut Ega, bisnis dan inovasinya ini tak terlalu sulit. Pasalnya, ia telah memperoleh sponsor mesin printer dan tinta cetak dari perusahaan besar. Ia hanya membuat anjungannya, itu pun dengan harga yang murah. Ega menjelaskan, mahasiswa yang ingin mencetak tugas dapat memanfaatkan Copycino secara gratis, dengan ketentuan tiga kali log in.

Kemudian, mahasiswa yang ingin mencetak lebih dari tiga kali dapat beralih ke versi premium atau menyebarkan informasi tentang Copycino melalui media sosial. Kini, Copycino telah hadir di tiga universitas dan sembilan lokasi di Tangerang Selatan dan Jakarta. Ke depan, Ega mengaku ingin mengekspansi usahanya hingga seluruh Indonesia, namun setelah ia menyelesaikan studinya. “Saya juga mau ekspansi ke Asia Tenggara, ke negara-negara yang demografinya sama seperti Indonesia. Malaysia, Thailand, Singapura.

Sumber : Kompas.com

Baca Juga

shafiyyatul.com

Pendidikan yang Menumbuhkan Oleh Anies Baswedan

Berikut ini adalah catatan ringkas dari sambutan Bapak Anies Rasyid Baswedan, mantan menteri pendidikan yang …