Beranda / Ekonomi / Menkeu Pastikan Kenaikan Harga Rokok Jadi Rp50 Ribu Tak Benar
shafiyyatul.com

Menkeu Pastikan Kenaikan Harga Rokok Jadi Rp50 Ribu Tak Benar

Jakarta – Pemerintah akhirnya angkat bicara soal isu harga rokok yang akan mengalami kenaikan hingga Rp50 ribu pada tahun 2017. Isu ini beredar setelah adanya rencana kebijakan tarif cukai rokok oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, isu yang beredar dipastikan tidak benar. Sebab, saat ini pemerintah belum menetapkan besaran kenaikan tarif cukai rokok dalam APBN 2017 mendatang.

“Kementerian keuangan sampai saat ini belum ada aturan terbaru mengenai tarif baru dan cukai rokok. Tapi saya tahu ada kajian dari salah satu lembaga ekonomi mengenai sensitivitas rokok. Seperti yang bisa dilihat Kemenkeu akan melakukan kebijakan yang sesuai Undang-Undang cukai dan rencana APBN 2017,” kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Kendati demikian, Sri Mulyani tak menampik akan melakukan kenaikan terhadap tarif cukai rokok. Saat ini, upaya tersebut masih berada dalam tahap konsultasi. “Kementerian keuangan akan lakukan penyesuaian, dan sampai saat ini kami lakukan konsultasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan bahwa rencana kenaikan cukai rokok juga masih akan dikaji lebih lanjut. Apabila tetap dinaikkan, maka Bea Cukai akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan masyarakat dan segenap pengusaha lainnya.

“Kalau tahun kemarin kan kita naik 11 sekian persen ya, tahun ini belum kita putuskan. Jadi saat ini kita sedang bicara dengan kementerian lembaga dan asosiasi,” tandasnya.

sumber: wartaekonomi.co.id

Baca Juga

shafiyyatul.com

Arcandra Kembali Jadi Menteri ESDM hingga Holding BUMN

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla membuka penyelenggaraan Indonesia Business & Development (IBD) Expo …