Beranda / Featured / Memaknai Ibadah Haji Melalui Manasik Haji di YPSA
shafiyyatul.com

Memaknai Ibadah Haji Melalui Manasik Haji di YPSA

Ibadah haji ini bukan ibadah yang gampang, tapi sangat berat. Bukan hanya siap dari segi fisik dan finansial, tapi kita harus siap juga dari segi spritual. Kita harus mengetahui rukun ibadah haji dan menaati pantangan atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam ibadah ini. Yang paling utama adalah bagaimana sikap kita sepulang dari ibadah haji.

Hal ini diungkap oleh dr. H. Hasfi Fauzan Raz saat memberikan kata sambutan dalam acara pelatihan Manasik Haji 1437 H yang diikuti ribuan siswa-siswi YPSA di lapangan Sport Centre YPSA, Sabtu (3/9/16).

Pengawas YPSA ini juga mengatakan, “Tujuan kita melaksanakan ibadah haji untuk mendapatkan ridho dan keampunan dari Allah SWT. Ibadah Haji ini tempat umat Islam berkumpul dari segala penjuru negeri oleh karena itu bersyukurlah umat Islam yang dapat memenuhi panggilannya. Disinilah tempat kita untuk  meminta ampunan dan lebih bertawaduk”.

“Oleh karena itu manasik haji yang kita laksanakan ini untuk dapat belajar dan memahami ibadah dan rukunnya. Sehingga ketika kita diberi kesempatan oleh Allah SWT, kita dapat melakukan dengan sebaik-baiknya.  Saya minta kepada siswa dapat serius dalam melaksanakan pelatihan ibadah haji ini. Kepada guru dapat membimbing dengan disiplin”.

Tampak hadir Pembina YPSA Drs. H. Sofyan Raz, Ak.M.M., Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty, Sekretaris Umum YPSA Hj. Rizki Fadilah Raz, M.Psi.Psikolog., dan para orang tua siswa YPSA.

Ibu Dra. Latifah Hanum Daulay, M.Sp., selaku orang tua siswa mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dilaksanakan. Ini merupakan pembelajaran bagi siswa-siswi untuk dapat memahami arti ibadah haji dan sekaligus juga kita memohon kepada Allah SWT untuk dapat mengundang kita  nanti. “ Jadikan manasik ini sebagai pembelajaran dan semoga kita dapat rezeki Allah SWT untuk dapat diundang ke rumah-Nya, amin”.

Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi YPSA seluruhnya mengenakan pakaian ihram dan niat haji di Miqat, selanjutnya wukuf di Arafah. Dilanjutkan bergerak mengambil batu kecil untuk  melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah. Setelah itu melakukan Tawaf Ifadah. Kemudian Sa’i yaitu berlari kecil 7 kali antara bukit Safa dan Marwah. Usai Sa’i kemudian Tahalul atau bercukur, akhirnya selesai pelaksanaannya.

Foto Manasik Haji 1437 H di YPSA

 

Baca Juga

Sebab-sebab Runtuhnya Peradaban Pendidikan

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber DR. H. Zamakhsyari Hasballah, …