Beranda / Featured / Pengajian Akbar YPSA Mengokohkan Masyarakat Muslim Dengan Al-Qur’an
shafiyyatul.com

Pengajian Akbar YPSA Mengokohkan Masyarakat Muslim Dengan Al-Qur’an

Ustadz Qosim Nursheha Dzulhadi, Lc.,M.Ud., menjadi penceramah pengajian akbar YPSA di Raz Garden YPSA, Sabtu (10/12/16).

Ustadz Qosim menyampaikan bahwa “Surah al-Kahf (18) seperti surah-surah lain al-Qur’an memiliki banyak keutamaan dan tipologi yang khas. Keagungan dan keutamaan surah al-Kahf telah dinukil dalam banyak riwayat dari Rasulullah Saw dan para Imam Maksum As. Keutamaan itu seperti bahwa terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang melepas kepergiannya tatkala diwahyukan; atau barang siapa yang membacanya pada hari Jum’at maka Allah Swt mengampuninya hingga Jum’at berikutnya dan barang siapa yang membaca surah al-Kahf pada setiap malam Jum’at maka ia mati syahid ketika meninggal dunia dan kelak dibangkitkan dengan para syahid dan masih banyak lagi keutamaan yang lain.
Ajaran-ajaran dan kandungan-kandungan surah ini dimulai dengan puji dan pujaan kepada Allah Swt dan berakhir dengan iman dan amal saleh. Ayat-ayat ini lebih banyak bercerita tentang mabda (hari permulaan), ma’âd (hari akhirat), berita gembira terhadap pelbagai karunia dan ancaman terhadap azab-azab kiamat.

Di antara poin menarik pada surah ini adalah menyinggung tentang tiga kisah: Pertama, kisah Ashab al-Kahf. Kedua, kisah Nabi Musa As dan Nabi Khidir As dan ketiga, kisah Dzulqarnain.

Pada hadis lainnya dari Rasulullah SAW kita membaca, “Barang siapa yang menghafal sepuluh ayat dari surah al-Kahf maka Dajjal tidak akan dapat mencelakakannya dan barang siapa yang menghafal seluruh surah maka ia akan masuk ke dalam surga.”

Azhar Fauzi, M.Pd.I., selaku ketua panitia pengajian akbar mengatakan, “Pengajian akbar kali ini bertemakan ‘Mengokohkan Masyarakat Muslim Dengan Al-Qur’an: Tadabbur Surat Al-Kahfi”’, dan pengajian ini akan terus dilaksanakan sampai tahun depan.

“Bapak dan Ibu yang tidak sempat hadir, Pengajian Akbar YPSA dapat disaksikan secara langsung (LIVE STREAMING) melalui saluran Youtube di gadget”. Tambah Fauzi.

Salah seorang jamaah mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dilaksanakan. “Masyarakat menyambut baik kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bemanfaat untuk kemaslahatan umat. Kita ketahui YPSA ini merupakan pusat pendidikan Islam dan saat ini mampu berkembang menjadi pusat dakwah di Sumatera Utara. Pengelolaan dakwah di Shafiyyatul Amaliyyah sangat professional dengan mendatangkan ustadz yang kredibel dan kompeten, sehingga menjadi pencerahan untuk masyarakat Sumut. Semoga YPSA dapat menjadi pusat dakwah dan taklim berkembang di Sumatera Utara”.

Tampak hadir dalam pengajian tersebut Pembina YPSA Drs. H. Sofyan Raz, Ak.M.M, Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty, Pengawas YPSA dr. Hasfi Fauzan Raz, perwakilan pemerintahan, perwakilan kepolisian, perwakilan TNI, masyarakat umum, siswa, SDM, dan orangtua siswa YPSA.

Baca Juga

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, YPSA dan Pemko Medan Laksanakan Vaksinasi Tahap I

YPSA.ID – Sebanyak 250 siswa-siswi SMP dan SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) telah melaksanakan …