Beranda / Featured / Mari Kita Sukseskan UNBK 2017
shafiyyatul.com
Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty berikan motivasi kepada siswa kelas IX SMP YPSA, Senin (27/3/17).

Mari Kita Sukseskan UNBK 2017

SMP dan SMA YPSA dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2017 menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer, atau  yang lebih dikenal dengan istilah UNBK. Pelaksanaan ujian ini sebenarnya untuk melatih sekaligus meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan keterampilan, serta melatih kesiapan individu.

“Tahun ini, baik SMP ataupun SMA melaksakan UNBK, karena ingin turut serta menyukseskan  ujian dengan menggunakan komputer dan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan,” ucap Kepala Sekolah SMP, Irsal Efendi.

Kepala Sekolah SMP mengatakan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UNBK) dilaksanakan hampir  40 persen SMP di kota Medan. Pelaksanaan UNBK kali ini dilaksanakan tiga sesi, masing-masing sesi terdiri dari 40 peserta. Pelaksanaan UNBK tahun ini tetap mengusung motto “Prestasi Ya, Jujur Harus”.

Kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan kerja keras semua pihak, termasuk guru dan siswa. Semua harus siap dalam menghadapi UNBK. Dalam hal ini memberikan semangat dan kesiapan mental sangat dibutuhkan untuk persiapan UNBK. Begitu halnya yang dilakukan SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan. Siswa maupun guru telah melakukan berbagai perisiapan, yaitu melakukan Try Out,  intensif secara rutin, diskusi, dan simulasi berbasis online.

Pembina YPSA, buya Drs. H. Sofyan Raz, Ak, M.M. dan Ketua Umum YPSA, Umi Hj. Rahmawaty, juga turut serta dalam memberikan bimbingan dan motivasinya  pada siswa-siswi YPSA  kelas IX. Dalam motivasinya, Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty   berkata, “Keyakinan itu berada di urat nadi kita sedangkan keberhasilan  itu berada di ujung kuku kita sendiri”, hal ini disampaikan guna memperkuat semangat para siswa/i dalam menghadapi UNBK nanti. Tahun ini UNBK dilaksanakan pada tanggal 2,3,4, dan 8 mei tahun 2017.

Siswa SMP YPSA yang akan mengikuti UNBK berjumlah 114 peserta. Keamanan yang disediakan juga cukup ketat. “UNBK sangat penting, keamanan sangat penting. Untuk menjaga keamanan tersebut, pihak sekolah berkordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan juga dengan petugas keamanan,” ujarnya.  Untuk  itu di sekitar sekolah terdapat aparat kepolisian yang bertugas membuat lingkungan sekolah tetap aman dan mencegah terjadinya hura-hura. Siswa/i yang melangsungkan ujian diawasi oleh pengawas dari dalam dan luar. Pengawas dari luar mengawasi siswa selama ujian berlangsung,  sementara dari dalam mengurus administrasi.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan UNBK dan UASBN dengan cara turut berpartisifasi dan mendukung serta mempersiapkan diri untuk nantinya,” ucap Kepala Sekolah SMP, Irsal Efendi.

Kontributor Siswa SMP YPSA

O.K. M. Fauzan

Aditya abdul Ghani

Raya Razan Aldien

Rozan Fawaz Syariq

Syabrina Ainaya

 

Baca Juga

Sebab-sebab Runtuhnya Peradaban Pendidikan

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber DR. H. Zamakhsyari Hasballah, …