Wednesday , November 14 2018
Beranda / EDUSAINTEK / Menanti Hasil Akhir Kelulusan SBMPTN 2018
ypsa.id

Menanti Hasil Akhir Kelulusan SBMPTN 2018

Para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2018, akan segera mengetahui nasib mereka. Apakah diterima di universitas yang mereka inginkan, atau tidak. Pada hari ini, Selasa 3 Juli 2018, panitia akan mengumumkan hasil ujian SBMPTN.

Berdasarkan informasi dari situs resmi SBMPTN 2018, hasil ujian akan diumumkan pada pukul 17.00 WIB, di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Selain itu, juga di situs resmi 12 perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan lain-lainnya.

Baca juga: Hari Ini SBMPTN Resmi Dibuka, Oh. . . Begini Ternyata Metode Penilaiannya. . .

Sistem penilaian SBMPTN 2018 berbeda dari SBMPTN 2017 dan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun itu, metode penilaian ujian tertulis dilakukan dengan menggunakan skor total dari jawaban peserta tes terhadap soal-soal tes yang diberikan.

Peserta yang menjawab dengan benar akan mendapatkan skor empat, jawaban salah mendapatkan skor negatif (minus satu) dan tidak menjawab akan mendapatkan skor nol. Teori yang mendasari prosedur penyekoran ini adalah Teori Tes Klasik.

Sedangkan pada 2018, metode penilaian tes dilakukan dengan prosedur yang berbeda dengan menerapkan Teori Tes Modern yang dikenal dengan Teori Respons Butir (Item Response Theory/IRT).

Metode penilaian ujian tertulis pada SBMPTN 2018, tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal, khususnya tingkat kesulitan relatif dan sensitivitasnya dalam membedakan kemampuan peserta.

Metode penilaian oleh Panitia Pusat dilakukan melalui tiga tahap. Tahap pertama, seluruh jawaban peserta SBMPTN 2018, akan diproses dengan memberi skor satu pada setiap jawaban yang benar, dan skor nol untuk setiap jawaban yang salah atau tidak dijawab/kosong.

Sumber: viva.co.id

Baca Juga

ypsa.id

Inovasi Mengajar Ala Abdul Karim, Ubah Materi Matematika Jadi Komik Strip

Abdul Karim selalu memilih kalimat, rumus, dan contoh perhitungan matematika yang ringkas untuk dimasukkan komik strip. Para …