Wednesday , December 11 2019
Beranda / Featured / Tim Peneliti Siswa SMP YPSA Kantongi Medali Perak OPSI 2019
ypsa.id

Tim Peneliti Siswa SMP YPSA Kantongi Medali Perak OPSI 2019

Siswa SMP Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) meraih medali Perak dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 mewakili Sumatra Utara dalam event yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada 26-30 November 2019 di Jakarta.

Kepala SMP YPSA Irsal Efendi mengatakan bahwa olimpiade ini menghadirkan 104 peneliti muda dari seluruh provinsi yang telah lulus naskah dari 875 siswa.

“SMP YPSA mampu meraih prestasi dengan mempresentasikan judul penelitan PENGEMBANGAN BERAS ANALOG DARI BIJI DURIAN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER PANGAN”.

“Juri OPSI 2019 yang terdiri atas Dr. Didi chandra dari Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Sukma Surya Kusumah, S. HUT, M. Si, dan Dr. Wahyu dari Institut Teknologi Bandung, melakukan penilaian dan tanya jawab terhadap tim perwakilan dari SMP YPSA. Para juri tersebut terkesan dengan ide dan sikap kritis dari Zachari Fitrah illah, M. Hafizh Athallah Rinaldi, dan Shahira Syahriza. Serta memberi pesan kepada tim SMP YPSA untuk mengembangkan Penelitian tersebut dan tetap Semangat”, ujar Kepala SMP YPSA ini.

“Semoga raihan prestasi yg dicapai dapat memberikan motivasi utk pencapaian prestasi lainnya”, akhiri Irsal.

Robi Cio selaku guru peneliti dan pendamping menguraikan, “Pada penampilan presentasi tertutup OPSI (Olimpiade Peneliti Siswa Indonesia) dari Tim SMP YPSA mempresentasikan hasil penelitian Mereka didepan dewan juri yang berjudul ‘Pengembangan Beras Analog dengan Memanfaatkan Biji Durian’. Tak lupa pula mereka mempragakan memasak beras dari biji Durian serta meminta dewan juri untuk mencobanya. Alhamdulillah ketiga dewan juri menyampaikan bahwa nasinya enak dan memberi tanggapan yang baik terhadap presentasi dari tim SMP YPSA”.

Usai pengumuman, dilakukan penandatanganan penerimaan Beasiswa Bakat dan Prestasi dari Panitia OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) kepada Seluruh Peserta OPSI 2019, termasuk tim dari SMP YPSA. Setelah penandatangan dan penyerahan Beasiswa Bakat dan Prestasi, foto Bersama dengan Seluruh Peserta OPSI 2019″, ucap Cio.

Baca Juga

ypsa.id

Panen Medali, Tim SMA YPSA Harumkan Indonesia Di Korea Selatan

Sebanyak 43 siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) yang terbagi dalam 6 tim berhasil …