Friday , September 18 2020
Beranda / KEGIATAN SISWA / EduTour Lokal / Siswa-siswi SD Belajar Cara Merawat dan Memetik Strawberry Langsung Dari Alam
ypsa.id

Siswa-siswi SD Belajar Cara Merawat dan Memetik Strawberry Langsung Dari Alam

Sekretaris Umum YPSA Hj. Rizki Fadilah Raz, M.Psi.Psikolog., melepas keberangkatan siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) dalam program Edutour YPSA ke Kebun Strawberry dan Bukit Kubu Brastagi, Sabtu (15/2/2020).

Miss Kiki sapaan akrab Sekretaris Umum YPSA dalam sambutannya mengharapkan siswa SD YPSA dapat menambah wawasan dan ilmu serta kebahagiaan di hati para siswa SD YPSA.

“Semoga program ini dapat memberikan pengalaman kepada siswa-siswi YPSA, menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang pembibitan dan penanaman, serta dapat lebih mensyukuri nikmat alam ciptaan Allah SWT”, ucapnya.

Sebanyak 285 peserta edutour yang terdiri dari siswa-siswi SD, guru, tenaga medis dan tenaga pengamanan sebelum keberangkatan salami Pembina YPSA Buya Sofyan Raz, Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawaty, Sekretaris Umum YPSA H. Rizki F. Raz, dan Bendahara Umum H. Hizrian F. Raz, Pengawas YPSA dr. Hasfi F. Raz YPSA di area Raz City YPSA.

Kepala SD YPSA Azhar Fauzi mengatakan bahwa kegiatan edutour SD YPSA kali ini memilih tempat di kebun Strawberry Desa Dolat Rayat kecamatan Dolat Rayat dan Bukit Kubu kabupaten Karo Provinsi Sumatra Utara.

“Di kebun Strawberry, siswa-siswi bisa menikmati buah dengan cara memetik langsung dari pohonnya dan merasakan sejuknya udara dataran tinggi Brastagi dengan pemandangan indah yang menyegarkan mata. Selain itu, siswa dapat mengetahui bagaimana cara penanaman, pembibitan, pemanenan, hingga mengkonsumsi buah strawberry”.

Di lahan seluas kurang lebih 500 meter persegi, siswa-siswi bebas memetik sendiri strawberry. Untuk jumlah buah yang dipetik, pemilik kebun tidak membatasi, hanya saja siswa-siswi dilarang memakan buah sebelum menimbangnya.

Menurut ibu Sonak, pemandu/pemilik kebun strawberry saat menjelaskan kepada siswa-siswi SD YPSA bahwa buah kecil berwarna merah ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

“Ya, manfaat strawberry untuk kesehatan sudah dikenal sejak jaman dulu. Selain untuk kesehatan, manfaat strawberry juga dikenal ampuh untuk mengobati iritasi pada kulit”, tambahnya.

“Ahli gizi dari seluruh dunia mulai meresepkan strawberry untuk banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan adanya warna merah tua pada strawberry yang disebabkan karena anthocyanidin, yaitu antioksidan yang kuat untuk membantu tubuh melawan peradangan, kanker, dan masalah jantung tertentu”.

“Selain itu, pada buah strawberry dilengkapi dengan kandungan vitamin C, vitamin K, serat, folat, magnesium, dan kalium. Inilah yang mendasari banyaknya manfaat strawberry”, akhiri pemilik kebun.

Selanjutnya siswa-siswi SD YPSA melanjutkan darmawisata sekaligus sholat dan makan siang ke Bukit Kubu Brastagi. Usai makan, siswa-siswi SD YPSA menikmati sejuknya hamparan luas rumput hijau Bukit Kubu Brastagi. Siswa bermain layang-layang, bermain gelembung, dan bermain bola.

Siswa-siswi SD YPSA dan jajaran guru berfoto bersama di Bukit Kubu Berastagi, Sabtu (15/2/2020).

Baca Juga

ypsa.id

Perdana, Tahajjud On Call Diikuti Oleh 1300 Siswa-Siswi YPSA

Sebanyak 1300 siswa-siswi dan guru SD, SMP, dan SMA YPSA mengikuti kegiatan pembukaan Tahajjud On …