Wednesday , January 27 2021
Beranda / EDUSAINTEK / GeNose Siap Dipasarkan, Biayanya Lebih Murah dari Rapid Antibodi
ypsa.id
GeNose pendeteksi Covid-19 karya ahli UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan(Foto:Kemenristek)

GeNose Siap Dipasarkan, Biayanya Lebih Murah dari Rapid Antibodi

Jakarta, Alat pendeteksi Covid-19 yang dikembangkan UGM, GeNose, akhirnya mengantongi izin edar dan siap dipasarkan. Ketua tim pengembang GeNose, Prof. Kuwat Triyana, mengatakan izin edar GeNose dari Kemenkes turun pada Kamis (24/12).

“Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan luar biasa dari banyak pihak GeNose C19 secara resmi mendapatkan izin edar (KEMENKES RI AKD 20401022883) untuk mulai dapat pengakuan oleh regulator, yakni Kemenkes, dalam membantu penanganan Covid-19 melalui skrining cepat,” kata Kuwat, dalam keterangannya, Sabtu (26/12).

Menurut Kuwat, setelah izin edar diperoleh maka tim akan melakukan penyerahan GeNose C19 hasil produksi massal batch pertama yang didanai oleh BIN dan Kemenristek/BRIN untuk didistribusikan. Mereka berharap agar dengan jumlah GeNose C19 yang masih terbatas ini dapat memberikan dampak maksimal.

“Dengan 100 unit batch pertama yang akan dilepas, kami berharap dapat melakukan 120 tes per alat atau atau totalnya 12 ribu orang sehari. Angka 120 tes per alat itu dari estimasi bahwa setiap tes membutuhkan 3 menit termasuk pengambilan nafas sehingga satu jam dapat mengetes 20 orang dan bila efektif alat bekerja selama 6 jam,” kata dia.

Kuwat juga menegaskan setelah mendapatkan izin edar GeNose C19 akan segera diproduksi massal. Tim berharap bila ada 1.000 unit nantinya, maka akan mampu melakukan tes sebanyak 120 ribu orang sehari.

Tentunya, lanjut dia, bukan angka tersebut yang menjadi harapan utama. Namun, kemampuan melakukan tes diharapkan akan lebih mudah menemukan orang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan bisa segera diambil tindakan isolasi atau perawatan.

Ia menjelaskan, nantinya biaya tes dengan GeNose C19 cukup murah hanya sekitar Rp 15 hingga Rp 25 ribu. Hasil tes juga sangat cepat yakni sekitar 2 menit serta tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lainnya. Selain itu, pengambilan sampel tes berupa hembusan nafas juga dirasakan lebih nyaman dibanding usap atau swab.

Sumber: republika.co.id

Baca Juga

deras.co.id

AN Dilaksanakan Pada September dan Oktober, Ini Ketentuannya

Jakarta, Asesmen nasional akan dilaksanakan pada September dan Oktober. Siswa yang akan mengikuti asesmen nasional …