Beranda / EDUSAINTEK / Amazon Uji Coba Mobil Listrik Canggih Ini Untuk Pengiriman Barang
deras.co.id
Mobil listrik Van Rivian(Foto: Gizmochina)

Amazon Uji Coba Mobil Listrik Canggih Ini Untuk Pengiriman Barang

Salah satu perusahaan e-commerce Amazon dilaporkan telah menguji kendaraan listriknya untuk layanan pengiriman di Los Angeles. Kendaraan ini sendiri merupakan produk hasil kerja sama dengan Rivian Automotive.

Kedua perusahaan tersebut merilis pernyataan kemitraan dalam uji coba itu. Amazon telah mengumumkan pada 2019 akan membeli 100 ribu mobil van Rivian demi mengejar rencana untuk mencapai emisi karbon nol dalam dua dekade.

Dilansir dari Gizmochina (4/2), perusahaan mobil listrik Rivian sudah mampu mengumpulkan hampir USD8 miliar (Rp112 triliun). Amazon kini sudah mulai menguji beberapa mobil pengirim listrik Rivian pada rute di Los Angeles. Pada Oktober 2020, Amazon telah memulai uji coba mobil pengiriman dan mengatakan program percontohan LA diharapkan juga akan meluncur di 16 kota lain tahun ini.

Direktur armada dan produk global Amazon, Ross Rachey, mengatakan Amazon sangat bangga atas upaya mengurangi jejak karbon melalui elektrifikasi arsitektur logistiknya. Hal ini telah menyebabkan pemasangan ribuan pengisi daya kendaraan listrik dan penataan kembali tata letak fasilitas pengiriman di beberapa bagian Amerika Utara dan Eropa.

Rivian memproduksi armada pengiriman uji coba Amazon di kantor pusatnya di Plymouth, Michigan. Setiap mobil dapat berjalan hingga 240 km dengan sekali pengisian daya baterai dan masih dalam tahap uji coba, tetapi produksi dijadwalkan untuk Q4 2021. Perusahaan mobil listrik tersebut juga bersiap untuk menghadirkan mobil pick up listrik ke pasar logistik tahun ini.

Rivian sudah mengarahkan pandangannya ke puncak kerumunan di pasar manufaktur mobil listrik. Mereka berharap bisa menjadi kompetitor bagi Tesla. Truk beban ringan termasuk van pengiriman diproyeksikan akan diminati di AS setelah arahan kebijakan baru dari pemerintahan Biden untuk merangkul energi bersih dan mengganti armada kendaraan mesin pembakaran internal pemerintah federal dengan mobil listrik.

Sumber: tek.id

Baca Juga

ypsa.id

Kepala SD YPSA Pelatihan Pengembangan Kompetensi Kepala Sekolah

YPSA.ID – Dalam era yang terus berubah dan berkembang dengan cepat seperti saat ini, penting …