Beranda / Featured / Sabar Yang Membahagiakan

Sabar Yang Membahagiakan

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. H M. Syukri Albani Nst MA yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu (4/9/2021) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan pentingnya Sabar Yang Membahagiakan.

Dalam tausyiah yang disampaikan, Beliau mengatakan Sabar adalah simbol yang paling dahsyat bagi orang yang beriman, sabar bukan masuk dalam bab ujian dan cobaan, akan tetapi sabar itu adalah masuk pada bab rezeki, jadi sabar itu rezeki bagi orang-orang yang beriman.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

“Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar” (QS: Al-Baqarah : 155).

Identiknya sabar itu adalah seorang yang bertahan pada rasa bahagianya meskipun keadaan tidak sesua dengan pikirannya, orang sabar menghilangkan upatan, membaguskan pujian, orang sabar melihat nikmat dan rezeki Allah dari sudut kualitatif, bukan kuantitatif dang angka-angka.

Mengapa Allah menguji orang-orang yang beriman jawabannya adalah karena Allah sedang memperhatikan orang-orang yang beriman, Allah ingin melihat hambanya merayunya, merengek, memuji dan lain-lain, orang yang sabar pasti berbaik sangka kepada Allah.

Ada 2 pasal dalam menyikapi takdir Allah:

Pasal 1 : Allah dan takdirnya tidak pernah salah

Pasal 2: kalau kau merasa takdir Allah itu salah kembalilah ke pasal 1

Begitulah orang mukmin bersangka baik kepada Allah, ridho adalah tempat paling tinggi derajatnya orang mukmin menghadapi semua takdir Allah karena orang ridho berhenti memutuskan harap dari siapapun karena sepenuhnya dia hanya berharap kepada Allah.

“Dan orang yang sabar karena mengharap keridaan Tuhannya, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)” (QS: Ar-Ra’d : 22).

Berbahagialah karena masih diuji oleh Allah….

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

 

Baca Juga

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, YPSA dan Pemko Medan Laksanakan Vaksinasi Tahap I

YPSA.ID – Sebanyak 250 siswa-siswi SMP dan SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) telah melaksanakan …