Beranda / EDUSAINTEK / Mulai 1 November ini WhatsApp Berhenti Beroperasi di Ponsel Lawas

Mulai 1 November ini WhatsApp Berhenti Beroperasi di Ponsel Lawas

YPSA.ID –  Jakarta,  Aplikasi pesan WhatsApp berhenti bekerja di beberapa ponsel lawas mulai hari ini Senin 1 November 2021. Hal itu mengakibatkan pengguna yang terpengaruh akan kehilangan semua obrolan jika belum dicadangkan dan diekspor datanya.

“Kami merekomendasikan pengguna untuk beralih ke perangkat yang didukung untuk terus menggunakan layanannya”, ujar WhatsApp dalam situs web resminya dikutip Minggu, (31/10/2021).

Perangkat tersebut di antaranya harus menjalankan Android 4.1 atau yang lebih baru, iOS 10 atau yang lebih baru, dan KaiOS 2.5.0 atau yang lebih baru. Pengguna yang terdampak disarankan untuk beralih ke perangkat yang didukung dan menyimpan riwayat obrolan mereka sebelum tenggat waktu tercapai.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah WhatsApp mengakhiri dukungan untuk perangkat Anda? Aplikasi pesan besutan Facebook itu—kini menjadi Meta—belum menentukan perangkat mana yang tidak lagi didukung oleh aplikasinya. Namun, Anda dapat memeriksa apakah WhatsApp mengakhiri dukungan untuk perangkat Android Anda.

Untuk ponsel Android caranya cukup membuka Pengaturan pada ponsel lalu pilih tentang ponsel, Gulir ke bawah untuk mencari versi Android yang berjalan di perangkat Anda. Jika Android 4.0.4 atau lebih rendah Anda harus beralih ke perangkat dengan versi Android yang lebih tinggi.

Jika termasuk di antara pengguna yang terdampak, Anda dapat mengekspor riwayat obrolan dengan mengambil cadangan obrolan atau dengan mengekspor obrolan individu atau grup secara terpisah. Untuk pencadangan, Anda bisa mengunjungi Pengaturan WhatsApp, pilih Obrolan, lalu Cadangan obrolan, dan ketuk Cadangkan dari pengaturan WhatsApp.

Anda juga dapat mengekspor obrolan individu atau grup dengan langkah cari Pengaturan WhatsApp, pilih Obrolan, ketuk Lainnya, lalu Ekspor obrolan. Aplikasi berlogo gagang telepon itu akan membiarkan Anda memilih apakah ingin mengekspor obrolan bersama dengan file media seperti audio, gambar, dan video yang diterima dalam obrolan atau tanpa file media apa pun. [deras.co.id]

(*)

Baca Juga

ypsa.id

RI PPKM Darurat, Nasib KBM Sekolah Belum Jelas

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah mengatakan bahwa pembelajaran di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat …