Beranda / EDUSAINTEK / Produsen Vaksin Novavax Mengklaim Indonesia Jadi Negara Pertama yang Berikan Izin Pakai

Produsen Vaksin Novavax Mengklaim Indonesia Jadi Negara Pertama yang Berikan Izin Pakai

YPSA.ID – Jakarta, Pimpinan perusahaan produsen vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Novavax, Stanley Erck mengklaim sudah mendapat izin penggunaan di Indonesia.

Indonesia bakal jadi negara pertama yang memberikan izin penggunaan darurat, rencananya vaksin Novavax untuk Indonesia akan diproduksi di pabrik milik Serum Institute di India.

“Pemberian izin penggunaan Covid-19 yang pertama ini adalah bukti komitmen kita terhadap akses global yang adil dan akan memenuhi kebutuhan vital Indonesia yang meski memiliki penduduk terbesar keempat di dunia, tetapi masih berupaya menyediakan vaksin untuk penduduknya”, kata CEO Novavax Stanley Erck mengutip AFP.

Rencananya pengiriman vaksin Novavax akan dilakukan dalam waktu dekat ke Indonesia. Beberapa waktu lalu Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia sudah sepakat mendatangkan 20 juta dosis vaksin.

Sejauh ini Novavax sudah mengajukan persetujuan penggunaan vaksin di sejumlah negara namun baru Indonesia yang telah memberikan izin.

Ada pesanan 200 juta dosis dari komisi Eropa dan 150 juta dosis dari Jepang, namun semuanya masih menunggu persetujuan izin penggunaan.

Merujuk penelitian pada Juni lalu terhadap 30 ribu orang di AS dan Mexico, vaksin Novavax memiliki efektifitas hingga 90,4 persen dalam mencegah infeksi simtomatik serta 100 persen efektif menangkal gejala sedang dan berat.

Vaksin Novavax juga bisa disimpan dalam suhu lebih dari 2-8 derajat celsius. Dengan demikian penyimpanan dan pendistribusian tidak akan menjadi masalah bagi negara-negara berkembang.

Sejauh ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia belum pernah menyatakan Novavax mendapat izin darurat.

(*)

Baca Juga

ypsa.id

RI PPKM Darurat, Nasib KBM Sekolah Belum Jelas

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah mengatakan bahwa pembelajaran di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat …