Beranda / Featured / Peristiwa Sebelum Kelahiran Rasulullah Dalam Surah Al-Fiil

Peristiwa Sebelum Kelahiran Rasulullah Dalam Surah Al-Fiil

YPSA.ID – Kegiatan acara Ashabul Fiil bersama storyteller kak Ardian Putra menceritakan kisah peristiwa sebelum kelahiran Rasulullah yang diceritakan dalam Al-Quran surat Al-Fiil di ruang serba guna YPSA Jumat, (5/11/2021).

Dalam Al-Quran surat Al Fiil dijelaskan bahwa tahun gajah itulah tahun kelahiran beliau, namun untuk tanggal pasti kelahiran Nabi Muhammad SAW tidak dijelaskan dalam surat tersebut.

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (1) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (2) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ (3) تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ (4) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ (5)

Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)”, (QS. Al Fiil: 1-5).

Kisah di atas menjelaskan tentang ashabul fiil (pasukan gajah) yang ingin menghancurkan rumah Allah (Ka’bah), mereka sudah mempersiapkan diri untuk menghancurkan Ka’bah tersebut mereka pun mempersiapkan gajah untuk menghancurkannya. Tatkala mereka datang mendekati Makkah, orang-orang Arab tidak punya persiapan apa-apa untuk menghadang mereka. Penduduk Makkah malah takut keluar, takut dari serangan ashabul fiil tersebut.

Kemudian Allah menurunkan burung yang terpencar-pencar artinya datang kelompok demi kelompok. Itulah yang dimaksud “thoiron ababil” sebagaimana kata Ibnu Taimiyah. Burung-burung tersebut membawa batu untuk mempertahankan Ka’bah, batu itu berasal dari lumpur (thin) yang dibentuk jadi batu seperti tafsiran Ibnu ‘Abbas. Ada juga yang menafsirkan bahwa batu tersebut adalah batu yang dibakar (matbukh). Batu tersebut digunakan untuk melempar pasukan gajah tersebut. Kemudian mereka hancur seperti daun-daun yang dimakan dan diinjak-injak oleh hewan. Allah memberi pertolongan dari kejahatan pasukan gajah tersebut, tipu daya mereka pun akhirnya sirna. Tafsir Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Iyad bin ‘Abdul Lathif bin Ibrahim Al Qomisi, terbitan Dar Ibnul Jauzi, cetakan pertama, tahun 1432 H, 7: 186-188

Siswa-siswi SD dan PGTK YPSA begitu antusias mendengarkan cerita peristiwa sebelum kelahiran Rasulullah dalam surat Al-Fiil.

Acara ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta kepada rasulullah sejak usia dini dan menambah ilmu pengetahuan anak-anak tentang kisah kenabian dan para sahabat.

(*)

 

Baca Juga

Kadis Pendidikan Sumut Melepas Team Peneliti SMA YPSA, Pada Event International Young Inventors Award 2021

YPSA.ID – Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Prof. Drs. Syaifuddin, M.A.,Ph.D. memberikan motivasi sekaligus melepas …