Beranda / Featured / Sebab-sebab Runtuhnya Peradaban Pendidikan

Sebab-sebab Runtuhnya Peradaban Pendidikan

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber DR. H. Zamakhsyari Hasballah, Lc., M.A. Rektor Universitas Dharmawangsa Medan, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu (20/11/2021) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan sebab-sebab runtuhnya peradaban pendidikan.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan bahwa peradaban secara sederhana diartikan sebagai buah ataupun hasil dari interaksi manusia dengan tempat dan zamannya di mana dia tinggal. Peradaban diambil dari kata adab, manusia itu dinilai dari adabnya maka tidaklah mengherankan kalau dalam Islam diajarkan bagaimana ilmu tanpa adab dianggap laksana api tanpa kayu bakar dan adab tanpa ilmu laksana jasad tanpa ruh.

Segala bentuk eksistensi yang ada dalam kehidupan ini sebenarnya ada titik awal dan ada titik akhir, termasuk juga peradaban ada titik awalnya atau titik mulanya sebagaimana peradaban itu juga pasti akan menemui titik akhir. perbedaan antara usia manusia dengan usia peradaban tentu lebih panjang usia peradaban sebagai contoh dari satu kekhilafahan islam digantikan dengan yang lain, bahkan satu model peradaban pendidikan yang patut jadi kebanggaan kita semua adalah peradaban pendidikan yang bisa tetap eksis bertahan sampai generasi kegenerasi berikutnya.

Berbicara tentang sebuah peradaban tentu ada hal-hal yang bisa membuat peradaban pendidikan itu bisa mundur atau bahkan bisa jatuh disebabkan yang pertama adalah semangat dan kinerja dari para pengusung peradaban ini mulai berkurang bahkan melemah, yang kedua visi yang menjadi niat dan tujuan kita yang melakukan segala aktifitas di bidang pendidikan ini menjadi kabur dan melenceng serta keluar dari visi dan tujuan yang ingin dicapai, yang ketiga adalah ketika kepemimpinan dalam sebuah kependidikan itu tidak lagi menerima masukan, kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan, yang keempat adalah hilangnya integritas pada dunia pendidikan.

Kemudian yang kelima penyebab mundurnya atau hancurnya sebuah peradaban pendidikan adalah rusaknya administrasi pendidikan dikarenakan apabila satu urusan diserahkan kepada yang tidak profesional atau yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancuran yang ada.

Beliau juga mengatakan yang terpenting dalam menjaga peradaban pendidikan salah satunya adalah pentingnya untuk menjaga keikhlasan dan kebersihan hati para pengelola.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

 

Baca Juga

Syariah Wal Minhaj

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Dr. H. Ahmad …