Beranda / Featured / Untuk Apa Jadi Wartawan

Untuk Apa Jadi Wartawan

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber H. Farianda Putra Sinik, S.E. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Perusahaan Pers Sumatera Utara yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu (4/12/2021) di kanal Youtube YPSA TV.

Kedatangan Ketua PWI dan Serikat Perusahaan Pers Sumatera Utara ke YPSA ini guna menyampaikan pandangannya tentang wartawan sebagai umara dengan judul “tema Untuk Apa Jadi Wartawan”.

Beliau menyampaikan apa itu wartawan, dalam kamus bahasa wartawan itu artinya orang yang melaksanakan tugas jurnalistik dengan membuat berita yang dimuat di media-media massa atau media online secara teratur.

Ada beberapa komponen yang menjadi tanggungjawab seorang wartawan yang pertama adalah seorang wartawan harus memiliki keakuratan informasi karena masyarakat membutuhkan untuk mendapatkan informasi yang terpercaya, yang kedua mewujudkan transparansi dalam bernegara mengawasi penyelewengan kekuasaan dan membongkar kejahatan sesuai dengan fungsi kontrol sosial pers, Kemudian yang ketiga adalah memberikan informasi yang teraktual menghasilkan pemberitaan terkini langsung dari TKP mencerahkan masyarakat dan memancing diskusi publik

Dalam menyampaikan sebuah informasi harus disampaikan sumber informasinya tersebut, karena itu termasuk kode etik jurnalistik yang disebut dengan ‘Hak Tolak’. Hak Tolak ini sumber informasinya harus disimpan tidak boleh di publis atau ditayangkan.

“Kemudian ada lagi ‘Hak Jawab’ yang artinya apabila dalam sebuah informasi pemberitaan tersebut ada pihak-pihak lain yang merasa dirugikan maka masyarakat bisa mengklarifikasi pemberitaan tersebut atau membuat hak jawab yang disampaikan melalui media-media yang dimuat di media-media cetak 1×24 jam ataupun media-media online lainnya untuk meluruskan pemberitaan tersebut”, ungkap Ketua PWI Sumut.

“Seorang wartawan juga mempunyai jobdescription di dalam bekerja yaitu mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi”, sambung Ketua PWI Sumut.

“Wartawan itu sendiri terdiri dari reporter, cameramen, fotografer, redaktur, editor dan sebagainya”, pungkasnya.

Beliau juga mengatakan seorang wartawan harus mampu membuat atau menulis berita yang akan diinformasikan kepada masyarakat kemudian bisa mengatur jadwal rapat direksi, liputan di lapangan dan sebagainya.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat kepada masyarakat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan Subscribe kanal Youtube YPSA TV.

(*)

 

Baca Juga

Arisyi Raz: Pentingnya Data Sains dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Arisyi Raz, FRM. (Doctoral …