Beranda / Featured / Refleksi Al-Qur’an Akhir Tahun

Refleksi Al-Qur’an Akhir Tahun

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Prof. Dr. H. Zainal Arifin, Lc.,M.A. Guru Besar Ilmu Al-Qur’an UINSU, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu (11/12/2021) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan tentang refleksi Al-Qur’an akhir tahun.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan bahwa refleksi Qur’an akhir tahun merupakan inspirasi dari Qur’an surat Al-Qaariah, Allah SWT berfirman,

اَلْقَارِعَةُۙ. مَا الْقَارِعَةُ ۚ. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ. وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ. فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ. فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ. وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ. فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ ۗ. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ. نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ

Hari Kiamat, apakah hari kiamat itu?, dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?, pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihamburhamburkan, maka adapun orangorang yang berat timbangan(kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang), dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya maka tempat kembalinya adalah neraka hawiyah, dan tahukah kamu apakah neraka hawiyah itu?, (yaitu) api yang sangat panas“, (QS. Al-Qaari’ah: 1-11).

Ayat pertama اَلْقَارِعَةُۙ Hari Kiamat, merupakan suara yang keras yang memekakkan telinga bisa disebut hentakan yang keras ini menjadi sebuah pembelajaran entah kapan terjadi tapi pasti terjadi, tapi ini sebenarnya menghentakkan diri kita, yang merupakan gedoran sebagaimana ada orang dikejar srigala sehingga dia berada di depan rumah orang, srigalanya semakin dekat dan mendekat maka tiada kata kecuali kedor pintu sekuat-kuatnya dengan harapan orang yang di dalam membuka pintu dan menutup kembali setelah ia masuk di dalamnya.

Artinya dengan gedoran tersebut harus ada evaluasi kinerja kita di akhir tahun 2021, apa yang harus dicapai dan di canangkan di akhir tahun 2021. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin baru bisa disebut orang yang beruntung, tetapi jika hari ini sama dari hari kemarin maka orang tersebut dikatan orang-orang yang rugi. Sama saja, dikatan orang yang rugi, apalagi hari ini lebih buruk dari hari kemarin sudah pasti sangat rugi.

Beliau juga mengatakan jadi kesuksesan yang sebenarnya itu sembilan puluh sembilan persen ada di surga, satu persen haya di dunia. Perumpamaannya adalah seorang yang paling enak hidup di dunia, di masukkan sekali saja ke dalam api neraka atau sekali celup saja kemudian diangkat lagi, hilang manisnya di dunia ini. Artinya semasa hidupnya tidak pernah susah, tidak pernah capek tetapi sekali celup saja hilang manisnya dunia ini.

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

 

Baca Juga

Siswa SMA YPSA Raih Medali Emas Internasional Disambut Dengan Kalungan Bunga

YPSA.ID – Tim peneliti SMA YPSA meraih Medali Emas dan Perak dalam ajang World Science, …