Beranda / Featured / Arisy Raz: Perkembangan Islam dan Umat Muslim di Inggris

Arisy Raz: Perkembangan Islam dan Umat Muslim di Inggris

YPSA.ID – Kegiatan pengajian subuh jumat kali ini bersama narasumber Arisyi Raz, FRM. (Doctoral Researcher University Of Birmingham, UK) Pembina Muda YPSA di Masjid Al-Musabbihin Tasbih Medan, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Jumat (14/1/2022) di kanal Youtube YPSA TV.Beliau menyampaikan Perkembangan Islam dan Umat Muslim di Inggris.

Dalam tausyiahnya beliau menyampaikan Islam adalah agama Rahmatallilalamin agama yang paling benardan umat muslim adalah penganutnya yaitu orang yang menganut agama Islam,namun dalam pelaksanaannya atau dalam menjalankan agama Islam itu sendiri berbeda-beda. Sebagai contoh dalam Islam ada Madzhab-madzhab yang dalam interpretasinya berbeda-beda, walaupun berbeda-beda dalam meninginterpretasikannya semua itu adalah benar sesuai sunnahnya.

Islam di Eropa khususnya di Inggris itu sangat berkembang pesat, Islam sudah memasuk ke daerah gold yaitu daerah perbatasan Prancis dengan Sepanyol, hingga akhirnya Islam dikalahkan dalam pertempuran tours, di Italy Islam sudah masuk di daerah Sicily pada abad ke-8 dan Islam berkembang sangat lama disana sebelum akhirnya ada infasi dari bangsa Norman atau Skandinavia yang menghapus keberadaan dan kebudayaan islam di Sicily.

Sedangkan di daerah Balkans umat Islam sudah masuk pada abad ke-15 ketika Turki Utsmani sudah berkembang
dan mengalahkan banyak kerajaan-kerajaan di daerah Balkans maka banyak daerah-daerah di Balkans seperti Albania yang populasinya mayoritas muslim sampai saat ini.

Islam masuk ke Inggris pada abad ke-17 saat itu ada kerajaan di India yang disebut kerajaan Bengal atau sering kita sebut dengan Menggali itu dahulu bagian dari British English, ketika kerajaan Bengal itu jatuh ke British English disitulah mulai adanya hubungan diplomatik antara kerajaan Bengal yang sekarang ini seperti Banglades sebagian India dan itu penduduknya mayoritas muslim disitulah kemudian adanya hubungan diplomatik antara Inggris dengan Kerajaan Bengal yang sekarang disebut India maka disitulah banyak pedagang-pedang muslim dari India datang ke Inggris dan sebaliknya banyak turis-turis dari Inggris ke India dan berkembanglah Islam di Inggris sampai saat ini.

Di Ingggris Islam sangat pesat dan penganutnya bebas dalam memilih agama yang ia yakini dan percayai, tidak ada perbedaan agama, ras, suku, ataupun golongan semuanya memiliki hak yang sama dalam beragama khususnya agam Islam.

Kegiatan pengajian Tabligh Akbar ini dilaksakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Pengajian subuh ini disiarkan secara langsung di kanal youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh program-program yang ada di YPSA silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

Baca Juga

Ust Zamakhsyari Hasballah: Pendidikan dari Perspektif Al-Qur’an

YPSA.ID – Kegiatan program pengajian Tabligh Akbar YPSA dilaksanakan di Masjid Shafiyyatul Amaliyyah bersama narasumber …