Beranda / EDUSAINTEK / Cara Untuk Menampilkan Ekstensi File di Windows 11

Cara Untuk Menampilkan Ekstensi File di Windows 11

YPSA.ID – Cara menampilkan ekstensi file di Windows 11 sama mudahnya dengan versi sebelumnya. Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda ikuti untuk membuka ekstensi file pada Windows 11.

Beberapa file seringkali tidak bisa secara otomatis menampilkan ekstensinya. Ekstensi file pada Windows 11 biasanya akan tertera pada bagian akhir dari nama file tersebut setelah tanda titik, seperti .docx atau .pdf.

Namun dalam beberapa kasus, ekstensi file tidak bisa terlihat atau tersembunyi sehingga menyulitkan pengguna untuk mengetahui format file tersebut secara langsung. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan dua cara berikut ini untuk menampilkan ekstensi file di Windows 11.

Cara Pertama

1. Buka ‘Explorer’

2. Klik ‘View’ pada tab menu

3. Klik ‘Show’

4. Klik ‘File Name Extensions’

Cara Kedua

1. Buka ‘Explorer’

2. Klik ‘View’ pada tab menu

3. Klik ‘Option’

4. Hilangkan tanda centang pada kotak ‘Hide extensions for known types’

5. Klik ‘OK’

Dengan menerapkan salah satu dari dua cara tersebut, maka secara otomatis ekstensi setiap file akan ditampilkan di nama masing-masing file. Pada file gambar, ekstensi yang digunakan biasanya adalah jpg/jpeg, png, GIF, ICO, maupun BMP.

Sedangkan pada file video, mp4 dan mkv adalah ekstensi yang paling sering digunakan. Berbeda dengan file video, file audio biasanya menggunakan ekstensi mp3 atau WAV.
Docx, pdf, XML, CSV, XLXS merupakan format yang biasa digunakan pada file dokumen.

Ekstensi lainnya yang cukup populer digunakan pada file arsip dokumen adalah rar atau zip. Ekstensi file ini memudahkan pengguna untuk mengetahui karakteristik masing-masing file hanya melalui visualnya.

Dengan adanya ekstensi file yang ditampilkan, pengguna PC dapat lebih mudah untuk mengklasifikasikan masing-masing file. Tak hanya itu, ekstensi file juga berguna saat tengah membangun sebuah program atau aplikasi.

Keamanan data pada masing-masing file juga bisa secara otomatis diketahui jika ekstensi file terpampang. Itulah dua cara yang bisa kamu gunakan jika ekstensi file di Windows 11 milikmu tidak ditampilkan.

(*)

Baca Juga

ypsa.id

Tahajjud SMA YPSA, Sucikan Diri dengan Silaturahmi

YPSA.ID – Siswa-siswi dan guru SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) mengikuti kegiatan pembukaan Tahajjud …