Beranda / Featured / Ust Amhar Nasution: Melestarikan Nilai Tahun Baru Islam
Ulama dan Uamara Berbicara Ust. Dr. H. Amhar Nasution, MA. bersama narasumber YPSA Ust. Abdurrohim Harahap

Ust Amhar Nasution: Melestarikan Nilai Tahun Baru Islam

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA dan UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Ust. Dr. H. Amhar Nasution, M.A.  Pengurus MUI Sumut, yang disiarkan secara langsung dari YPSA pada Sabtu, (6/8/2022) di kanal Youtube YPSA TV. Beliau Melestarikan Nilai Tahun Baru Islam.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan dalam Al-Qur’an surat Al-‘Asr yang artinya “demi masa sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh serta saling menasehati untuk kebenaran dan kesabaran”.

Allah bersumpah seiring pergantian waktu sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian, yang tidak rugi itu cuman empat yang pertama mereka yang beriman kepada Allah. Konsep beriman kepada Allah itu ada empat yaitu Allah Tuhan yang kita sembah, Allah tempat kita minta tolong, Kemudian Allah yang dipuji dan dipuja dan memulai segala sesuatu yang baik-baik dengan bismillah dan ditutup dengan halhamdulillah.

Orang yang tidak merugi yang kedua adalah dialah orang-orang yang beramal sholeh. Amal sholeh itu ialah kita yang beramal orang lain yang merasakannya, contohnya bersedekah ilmu pengetahuan, bersedekah dengan harta yang kita miliki dan lain sebagainya.

orang yang tidak merugi yang ketiga adalah orang yang menegakkan yang haq atau kebenaran, bahwa manusia itu hidup harus dengan kejujuran, amanah, loyal, dan hidup ini harus berkolaborasi.

orang yang tidak merugi yang keempat adalah harus berwasiat sabar, sabar yang paling baik itu ada lima yaitu pertama sabar diwaktu miskin, kedua sabar ketika menjadi orang kaya, ketiga sabar ketika ada peluang untuk berbuat maksiat, yang keempat adalah sabar ketika ditimpa musibah, dan yang kelima adalah sabar ketika beribadah.

Tahun baru Islam ini harus kita sikapi dengan baik yaitu dengan melakukan hal-hal yang baik yang membawa kepada perubahan yang positif, dimulai dari diri kita sendiri denga niat yang baik karena Allah Ta’ala.

Berhijrah dari yang tidak baik kepada yang baik, dari yang bermalas-malasan kepada yang rajin dan dari segala macam perbuatan buruk kepada perbuatan yang benar. Wallhu a’lam

Program Ulama dan Umara Berbicara ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh seri program Ulama dan Umara Berbicara silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

(*)

Baca Juga

Taruna Akmil Alumni SMA YPSA Bersilaturahmi ke YPSA

YPSA.ID – Taruna Akademi Militer (Akmil) yang merupakan alumni-alumni dari SMA YPSA bersilaturahmi dan bersosialisasi …