Beranda / Arsip Berita / KHAZANAH / Keutamaan Bulan Rajab

Keutamaan Bulan Rajab

YPSA.ID – Hari ini tanggal 2 Rajab 1444 H atau bertepatan dengan 24 Januari 2023 berdasarkan hasil rukyatul hilal dan hisab.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah swt, bulan Rajab merupakan salah satu dari keempat bulan Asy-hurul Haram (bulan haram) yang dimuliakan Allah swt.

Keempat bulan yang dimuliakan oleh Allah swt yakni Dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

رَجَبٌ شَهْرُ اللهِ وَشَعَبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ

“Rajab adalah bulannya Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku”, (Jami’ul Ahadits nomor: 12682).

Karena itu dianjurkan bagi setiap muslim untuk memperbanyak dzikir, puasa sunah dan berdoa ketika memasuki bulan Rajab. Diantara doa yang dianjurkan dibaca saat memasuki bulan Rajab adalah,

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Ramadhan”.

Dalam kitab Al Ghunyah, Syekh Abdul Qadir Al Jilani menjelaskan bahwa,

كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُفَرِّغُ نَفِيْ أَرْبَعِ لَيَالٍ فِي السَّنَةِ، وَهِيَ أَوَّلُ لَيْلَةةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. وَكَانَ مِنْ دُعَائِهِ فِييْهَا

“Sayyidina Ali Radhiyallahu’anhu memfokuskan dirinya untuk beribadah dalam empat malam dalam satu tahun yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Idul Fitri, malam Idul Adha dan malam Nishfu Sya’ban”.

Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab adalah peristiwa Isra’ Mi’raj dan turunnya perintah sholat 5 waktu.

Peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi dalam satu malam yaitu pada 27 Rajab pada tahun kesepuluh kenabian Rasulullah saw atau sebelum melakukan hijrah ke Madinah.

Baca juga: YPSA Buka Pendaftaran Ujian Cambridge IGCSE Dan GCE Periode Mei/Juni 2023

*Wallahu a’lam bissawab

Baca Juga

Hikmah Surat Al-Anbiya 87-89: Kisah Nabi Yunus Alaihis Salam

ypsa.id – Kisah Nabi Yunus di Surat Albiya bisa menjadi pelajaran bagi manusia. Bahkan doa Nabi …