Beranda / KEGIATAN SISWA / EduTour Lokal / Siswa-siswi SD YPSA Edutour dan Bermain Permainan Tradisional di Bukit Kubu
ypsa.id

Siswa-siswi SD YPSA Edutour dan Bermain Permainan Tradisional di Bukit Kubu

YPSA.ID – Sebanyak 350 orang siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6 SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) dan 61 orang guru dan staff mengikuti Program Edutour 2023 ke Bukit Kubu, Berastagi, Sumatra Utara, Kamis (26/1/2023).

Kepala SD YPSA Eko Akbar Sukmana, S.Pd.I., menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan siswa melalui Pendidikan Wisata dan pengenalan permainan tradisional dalam mewujudkan pemimpin yang excellence.

Eko Akbar Sukmana menjelaskan, “Kegiatan Edutour kali ini, SD YPSA bekerjasama dengan Dosen & Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Olahraga Bina Guna Medan. Para instruktur ini (dosen dan mahasiswa STOK Bina Guna) memberikan edukasi belajar bermain permainan tradisional yang antara lain Permainan Estafet Karet, Permainan Bola Bisu dan Permainan Engklek. Melalui kegiatan yang terletak di daerah kunjungan wisata Sumatra Utara ini juga siswa-siswi diharapkan mampu mewujudkan rasa syukur siswa-siswi SD YPSA kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala ciptaan-Nya. Selain itu diharapkan siswa mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan jiwa enterprenuer siswa dan menumbuhkan rasa solidaritas, kemandirian dan kepedulian siswa terhadap lingkungan”.

Ketua Harian YPSA Addaratul Hasanah, S.Pd., M.Sos., saat melepas keberangkatan siswa kelas 1,2,3 4, 5, dan 6 SD YPSA mengatakan, edutor ini merupakan salah satu kegiatan proses belajar mengajar siswa sambil bermain dan menikmati suasana pegunungan yang dingin dan indah.

“Edukasi sebagai pembelajaran siswa di mana nantinya siswa akan membuat laporan dari hasil observasi mereka selama di sana. Kepada seluruh guru dan koordinator, Addaratul meminta kepada seluruh guru untuk dapat bertanggungjawab terhadap anak didik dari mulai mereka berangkat sampai nanti kembali ke Medan. Semoga semua peserta sehat walafiat sampai pulang nantinya,” ujarnya Ibu Iad sapaan akrab Ketua Harian YPSA ini.

Sesampai di lokasi, anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan edutour ini. Mulai dari Permainan Estafet Karet, Permainan Bola Bisu dan Permainan Engklek. Kegiatan dilanjutkan dengan Sholat Dzuhur berjamaah dan makan bersama dengan menggelar tikar di atas rerumputan hijau dan bawah pohon, ditemani dengan pemandangan asri dan udara menyejukkan

Selesai makan dan sholat, siswa-siswi melanjutkan acara bebas dengan bermain layangan, bermain bola, bercengkerama, sampai berjalan-jalan sekitar Bukit Kubu. Bukit Kubu merupakan kawasan wisata taman rekreasi di Berastagi, Karo, Sumatera Utara. Lahan seluas lima hektar ini memiliki bentang padang rumput menghijau dengan kontur bukit landai. Pepohonan pinus berbaris membingkai kawasan yang asri dengan hawa yang sejuk ini.

Tepat pukul 15.00 WIB seluruh peserta edutour kembali ke Medan.

Baca Juga

SMP Shafiyyatul Amaliyyah Ikuti kegiatan Lokakarya Sekolah Penggerak se-Kota Medan

YPSA.ID – Kepala SMP Shafiyyatul Amaliyyah bersama dengan 2 orang guru komite pembelajar kembali mengikuti …