Beranda / Arsip Berita / KHAZANAH / Mulailah Dengan Nama Allah

Mulailah Dengan Nama Allah

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”, (Q.S.Al-fatihah:1).

YPSA.ID – Allah Subhanahu wa ta’ala telah memulai Al-Qur’an dengan kalimat Bismillahirrohmanirrohim, sebagai isyarat agar manusia memulai segala aktifitasnya dengan lafaz ini. Setiap aktifitas yang kita lakukan tidak akan sempurna tanpa dimulai dengan Bismillah, seperti Sabda Rasulullah SAW yang amat populer:

“Segala sesuatu yang tidak dimulai dengan bismillah akan buntung (tidak sempurna)”.

Tapi kenapa harus demikian? Mengapa kita harus memulai segala sesuatu dengan nama Allah? Simak alasan berikut ini

Kita adalah makhluk yang sangat terbatas dihadapan Allah yang begitu agung. Sebesar apapun perbuatan kita pada hakikatnya sangat kecil dan perlahan akan sirna. Namun jika perbuatan kecil itu kita hubungkan dengan Dzat Allah yang tak terbatas, suci dan kekal, maka perbuatan itu akan menjadi agung dan kekal pula. Sebesar apapun kemampuan yang kita miliki, sebenarnya kita hanyalah makhluk yang lemah. Bagai setetes air ditengah samudra yang luas. Namun jika setetes air itu menyatu dengan samudra kekuasaan Allah yang begitu agung maka terasa air itu akan menjadi besar dan memiliki kemampuan yang luar biasa. Tetesan itu mampu merubah segalanya.

Sebagai muslim, kita diperintahkan untuk memulai setiap perkerjaan dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim. Serta mengucapkan Alhamdulillah  apabila selesai melaksanakan pekerjaan tersebut.  Dengan itu kita sadar semua itu datang dari Allah dan kita mengharapkan ridho-Nya.

Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim menunjukkan suatu permulaan yang baik, dengan bersandar kepada Alllah SWT. dengan mengharapkan kasih sayang dan rahmatnya yang meliputi pekerjaan yang kita lakukan.

Ketika makan kita mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim. dengan demikian kita sadar rezeki itu datang dari Allah dan kita mengharapkan keberkahan dari makanan tersebut. Dan mengucapkan Alhamdulillah jika mengakhirinya. Selain itu, ucapan bismillah juga dapat menghalang syaitan agar tidak ikut serta dalam menikmati makanan tersebut. hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW:

Rasulullah saw pernah melihat seorang laki-laki makan tanpa mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim. Namun sebelum menghabiskan suapan terakhir, lelaki itu teringat lalu mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim wa awwaluhu wa akhiruhu.” rasulullah saw tertawa melihatnya dan berkata ,“ demi allah syaitan ikut makan bersamamu sampai engkau menyebut nama Allah. Syaitan kemudian memuntahkan semua yang masuk kedalam perutnya setelah ucapanmu itu”, ( H.R. Ahmad, Abu Daud, Nasa’i ).

Ketika  kita memulai segala aktivitas dengan menyebut nama Allah SWT. Hal ini akan menjadi sebuah kekuatan. Karena disaat seseorang menyebut nama Allah, disaat besamaan pula  Allah akan menyertainya.

Menaiki kendaraan, kita ucapkan Bismillahirrohmanirrohim, ketika keluar dan masuk rumah juga demikian. Begitu juga dengan semua aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari. Kita mengharapkan barokah dari semua aktivitas tersebut. jika tidak menyebut nama Allah, dengan nama siapa lagi kita memulai pekerjaan? Bukankan semua nikmat dan kebaikan itu datangnya dari Allah SWT.

Kaum muslimin terdahulu selalu memulakan setiap aktivitas mereka dengan menyebut nama Allah. Mereka memulakan setiap tulisan, surat, buku dan acara dengan bismillah.  Tidak ada rasa malu maupun janggal, bahkan mereka merasa bangga melakukannya. Hal ini berbeda dengan kita, yang selalu merasa malu dan janggal bila memulai sesuatu aktivitas dengan menyebut nama Allah SWT.

Ucapan bismillah   Adalah permulaan yang baik yang artinya kita ingat kepada Allah ketika kita ingin memulai suatu pekerjaan. Kita berharap agar pekerjaan itu diterima sebagai amalan baik oleh Allah sehingga dengan itu Allah mencukupkan apa-apa yang kurang, menjadikan mudah perkara yang susah dan melapangkan perkara-perkara yang sempit.

Ucapan bismillah itu sangat mudah untuk dilafazkan, tetapi banyak orang yang merasa berat untuk melakukannya bahkan tidak sedikit yang melupakannya. Mungkin karena kita melihatnya suatu perkara yang tidak penting.  Lupakah kita bahwa semua yang kita miliki saat ini merupakan milik dan pemberian dari Allah. Akankah kita menjadi hamba yang tidak menyadari akan hal itu?. Oleh karena itu mulakanlah setiap aktivitas kita dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrohiim, agar akhirnya menjadi sesuatu yang indah.

Marilah membiasakan memulai langkah dengan selalu meyertakan Allah dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, mulailah dengan nama Allah dengan mengucapkan Bismillahirrahamanirrahim, sebagai sebuah langkah awal dengan keyakinan bahwa Allah akan selalu menyertai kita disaat namanya kita sebut di awal pekerjaan yang akan kita lakukan. Ingatlah! Utamakanlah tuhanmu, maka engkau akan diutamakan.

Oleh: Ustaz Abdurrohim Harahap, S.Th.I.,M.Us. (Penulis buku Mencari Hidayah Tuhan)

Baca Juga

Ada Dosa Yang Lebih Besar Daripada Berzina

ypsa.id – Pada suatu senja yang lenggang, terlihat seorang wanita berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya yang serba hitam …