Beranda / EDUSAINTEK / Siswi SD YPSA Raih Medali Perak di Olimpiade Matematika Internasional Hongkong
ypsa.id

Siswi SD YPSA Raih Medali Perak di Olimpiade Matematika Internasional Hongkong

YPSA.ID – Alhamdulillah kembali siswi SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Event Kali ini adalah ajang Olimpiade Matematika Internasional di Hongkong.

Ayunda Azzahra, siswi SD Shafiyyatul Amaliyyah berhasil meraih medali Perak dalam ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) yang diselenggarakan secara Online pada tanggal 26 Agustus 2023 yang lalu.

Kepala SD Shafiyyatul Amaliyyah Eko Akbar Sukmana menjelaskan HKIMO terbagi menjadi empat level, yaitu Kindergarten, Primary, Secondary dan Secondary group. Pembagian level ini semacam kelas pemula, SD, SMP dan SMA jika di Indonesia. Ayunda Azzahra ikut pada level Primary group.

“Beberapa event besar yang menorehkan prestasi dari Ayunda Azzahra Masud antara lain adalah ajang TIMO Heat Round meraih medali Perunggu pada tanggal 30 Oktober 2022, ajang TIMO Final Round meraih medali Perak pada tanggal 01 April 2023, ajang HKIMO Heat Round medali Perunggu pada tanggal 20 Mei 2023 dan terakhir ajang HKIMO Final Round meraih medali Perak pada tanggal 26 Agustus 2023” terang Eko.

Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) adalah kompetisi olimpiade internasional tahunan. HKIMO diselenggarakan oleh Olympiad Education dari Hong Kong dan dikembangkan oleh tim eks pemenang IMO dari Hong Kong. Tujuan HKIMO adalah untuk menciptakan platform bagi semua penggemar Matematika di seluruh dunia untuk berkumpul dalam pertukaran pendidikan dan budaya. Tujuan HKIMO lainnya adalah untuk menumbuhkan minat siswa terhadap Olimpiade Matematika dan untuk mempromosikan Olimpiade Matematika di seluruh dunia.

Tahun 2023 ini, panitia HKIMO mengundang 21 wilayah/negara seperti India, Bulgaria, Malaysia, Myanmar, Taiwan, Thailand, Hong Kong, Kyrgyzstan. Negara lainnya adalah Filipina, Indonesia, Australia, Kazakhstan, Ukraina, Kamboja, Vietnam, Singapura, China, Iran, Sri Lanka, Laos dan Dhaka Bangladesh untuk berpartisipasi.

Menanggapi capaian prestasi spektakuler anak didiknya ini, Kepala SD YPSA Eko Akbar Sukmana, sangat bahagia dan bersyukur. Tak lupa apresiasi yang tinggi untuk Ayunda Azzahra, Pelatih dan seluruh tim atas kerja maksimal yang telah dilakukan.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA, Bagoes Maulana, M.Kom., dalam kesempatan ini juga menegaskan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa mengikuti Olimpiade menjadi salah satu prioritas YPSA untuk melatih siswa mampu bersaing dalam segala bidang mata pelajaran.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan SD YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa. Selamat kepada Ayunda Azzahra atas prestasi fantastisnya. Mudah-mudahan menjadi motivasi dan ghirah bagi siswa lainnya untuk berprestasi”, akhiri Bagoes.

Baca Juga

ypsa.id

Siswa SMA YPSA Berbagi Takjil Selama 1 Minggu

YPSA.ID – Siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) kembali melaksanakan kegiatan berbagi takjil buka …