Beranda / EDUSAINTEK / Siswa SMP YPSA Raih Medali Emas dan Perak Ajang WICE 2023 di Malaysia
ypsa.id

Siswa SMP YPSA Raih Medali Emas dan Perak Ajang WICE 2023 di Malaysia

Siswa-siswi tim peneliti SMP YPSA meraih Medali Emas dan  Medali Perak dalam ajang World Invention Competition & Exhibition 2023 pada tanggal 21 – 26 September 2023 di Mahsa University, Malaysia.

Hal ini disampaikan kepala SMP Shafiyyatul Amaliyyah, Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) Irsal Efendi, M.Pd., usai menyambut kedatangan siswa-siswi berprestasi ini di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara, Rabu (27/9/2023).

Untuk kesekian kalinya, SMP Shafiyyatul Amaliyyah meraih prestasi penelitian tingkat International. Event ini menghadirkan para peneliti belia dunia yang berasal dari negara Malaysia, Singapore, Thailand, China dan beberapa negara Asia dan Eropa lainnya.

“SMP Shafiyyatul Amaliyyah sebagai sekolahnya peneliti muda mengirimkan dua Tim Peneliti untuk dapat berkompetisi di ajang yang diselenggarakan setiap tahunnya ini. Dua tim tersebut yaitu Tim Larcelmun dan Tim Kulina Cookies yang beranggotakan siswa kelas 8 dan 9 SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan”, ungkap Irsal.

“Tim Larcelmun membawakan hasil penelitian berupa inovasi pembuatan solar cell dari bahan daun jamblang dan Tim Kulina Cookies membuat biskuit berbahan dasar kulit buah naga yang sehat dan kaya anti oksidan. Sebelumnya, kedua tim tersebut telah lolos terlebih dahulu pada tahap awal penilaian jurnal penelitian yang dibawakan sebagai syarat melangkah ke tahap final event ini”, jelasnya kembali.

Irsal Efendi menyampaikan bahwa pencapaian prestasi tim peneliti SMP Shafiyyatul Amaliyyah patut di syukuri oleh siswa, guru dan orangtua siswa. Menjadi kebanggaan bersama masyarakat Kota Medan, Sumatera Utara dan Indonesia.

Hal ini memberikan isyarat terselenggaranya kegiatan belajar dan mengajar yang berkualitas di dalam dan luar kelas. Para guru yang memiliki kapasitas yang mumpuni dalam memberikan ruang yang luas bagi siswa untuk dapat berpikir kritis, inovatif dan kreatif sehingga dapat terus berprestasi di bidang penelitian.

Pencapaian ini tentunya juga atas dukungan orangtua siswa yang terlibat aktif dalam aktivitas dan program sekolah. Orangtua siswa sangat perhatian terhadap tumbuh dan kembang bakat putranya dengan menjalin komunikasi yang baik kepada sekolah. Dukungan fasilitas sekolah yang lengkap menjadikan mimpi para siswa dapat terwujud untuk berprestasi di tingkat International.

Bimbingan, arahan dan motivasi yang diberikan selalu oleh Bapak Pembina YPSA, Buya Drs. Sofyan Raz, Ak.MM., Ibu Ketua Umum Ummi Rahmawaty Sofyan Raz, Sekretaris Umum Mis Rizky Fadhillah Raz,M.Psi.,Psikolog dan Pengurus Harian YPSA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam setiap pencapaian prestasi.

SMP Shafiyyatul Amaliyyah sebagai gudangnya peneliti muda telah banyak menorehkan prestasi di bidang penelitian di mulai dari tahun 2018 sampai dengan 2023 dengan merebut 8 medali emas, 7 medali perak dan 5 medali perunggu dalam ajang penelitian.

Pada tahun 2023 ini juga, SMP Shafiyyatul Amaliyyah telah meloloskan 2 tim peneliti dalam bidang IPA dan IPS dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek Jakarta. Event yang tidak asing bagi siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah dikarenakan di tahun 2019 juga telah menorehkan prestasi meraih medali perak di event tersebut.

Dua tim tersebut menjadi tim yang lolos dari Sumatera Utara dalam tahapan selanjutnya. Finalis akan berkompetisi di jakarta bersama dengan tim peneliti yang berasal dari berbagai daerah lainnya.

Tentunya, pencapaian prestasi yang mereka raih tidak hanya sekedar penghargaan tetapi juga kesempatan langka dalam proses belajar yang bermakna.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA, Bagoes Maulana, M.Kom., dalam kesempatan ini juga menegaskan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa penelitian ini menjadi salah satu keunggulan YPSA untuk melatih siswa dalam berpikir kritis dan bernalar tinggi.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan SMP YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatra Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, akhiri Bagoes.

 

Baca Juga

ypsa.id

Wisuda YPSA Untuk Merayakan Prestasi

YPSA.ID – Pelaksanaan Wisuda PGTK, SD, SMP, dan SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) TP. …