Beranda / EDUSAINTEK / SD YPSA Bentuk Karakter Siswa Dengan Mukhoyyam
ypsa.id

SD YPSA Bentuk Karakter Siswa Dengan Mukhoyyam

YPSA.ID – Sebanyak 69 siswa-siswi SD Tahfidz Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) mengikuti kegiatan Mukhoyyam selama 2 hari pada tanggal 26 & 27 Januari 2024 di Villa Green Hill Brastagi, Sumatra Utara.

Pembina YPSA Buya Drs. H. Sofyan Raz, Ak., M.M., Sekretaris Umum YPSA Rizki Fadilah Raz, M. Psi. Psikolog., Kepala SD YPSA Eko Akbar Sukmana, S.Pd.I., Azhar Fauzi, M.Pd.I Kepala Departemen Keislaman dan Dakwah YPSA beserta pengurus YPSA Melepas keberangkatan siswa-siswi SD Tahfidz YPSA, Jumat (26/1/2024).

Turut serta dalam rombongan guru tenaga pendidik, tenaga keamanan, tenaga kebersihan dan tenaga medis.

Rizki Fadilah Raz, M. Psi. Psikolog., mengatakan dalam sambutannya, “Kita doakan semoga siswa-siswi SD YPSA menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha, pergi dan pulang dalam keadaan sehat. Serta Insya Allah, siswa-siswi pulang dengan membawa hafalan Al-Quran sesuai yang di targetkan. Semoga Allah memberikan keberkahan untuk kalian semua, dan Insya Allah di akhirat nanti kalianlah yang memberikan mahkota kepada kedua orangtua kalian di syurga nanti Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin”.

Kepala SD Shafiyyatul Amaliyyah, Eko Akbar Sukmana, S.Pd.I., mengatakan, “Mukhoyyam tahun 2024 yang mengangkat tema ‘Al Qur’an adalah sahabat terbaikku dan petunjuk hidupku’ merupakan program khusus kelas Tahfidz dalam upaya siswa menghafal surah pilihan di alam terbuka. Pada Mukhoyyam 2024 siswa SD mendapatkan target untuk dapat menghafal surah Al Kahfi dan Al Waqiah”.

“Kegiatan Mukhoyyam 2024 ini dirangkai dengan kegiatan tadabur surah, pelaksanaan ibadah sholat wajib dan sunnah, giat diri dan permainan olahraga. Tujuan Mukhoyyam ini sendiri selain mencapai target hafalan juga siswa dapat berlatih belajar mandiri dan bertanggung jawab dan disiplin dalam kegiatan sehari-hari”, akhiri Eko Akbar.

Kepala Departemen Pendidikan dan IT YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa YPSA sebagai salah satu sekolah Islam Internasional di Medan berkomitmen bahwa Program Mukhoyyam Al-Quran SD YPSA ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat menjadikan siswa golden generation yang beriman.

“Ini juga sebagai wujud ikhtiar kami menjadikan YPSA sebagai sekolah terbaik di kota Medan, Sumatera Utara yang menjadi pilihan tepat bagi siswa dan orang tua siswa”, tegas Bagoes.

Sampai di Villa Green Hill Wakil Kepala SD Mahmud, S.Ag., langsung membuka kegiatan dan memberikan amanah kepada Ustadz Syaiful sebagai ketua panitia untuk melaksanakan program Mukhoyyam.

Mukhoyyam berasal dari bahasa Arab artinya berkemah atau biasa disebut camping. Mukhoyyam adalah kegiatan outdoor bagi para siswa-siswi penghapal Al-quran untuk melatih hapalan Alqur’an, melatih fisik dan menumbuhkan semangat bela agama dan bangsa. Mukhoyyam merupakan salah satu wasail (sarana) tarbiyah untuk mewujudkan salah satu muwashofat (karakter seorang siswa Tahfidz yang handal).

Baca Juga

ypsa.id

YPSA Cetak Generasi Cinta Haji: Laksanakan Manasik Haji TP. 2023-2024

YPSA.ID – Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) melaksanakan pelatihan Manasik Haji 1445 Hijriah yang diikuti …