Beranda / Arsip Berita / KHAZANAH / Amalan-amalan Untuk Capai Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Amalan-amalan Untuk Capai Keutamaan Malam Lailatul Qadar

YPSA.ID – Ada beberapa amalan yang dapat kita capai untuk menggapai malam Lailatul Qadar

1. Melaksanakan Solat Wajib dan Sunnah

Melaksanakan ibadah shalat wajib secara berjamaah dan perbanyak shalat Sunnah.

“Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasalam bersabda, Barang siapa yang sholat maghrib dan isya secara berjamaah dilakukan sampai akhir bulan ramadhan, maka dia telah mendapatkan bagian yang banyak dari malam Lailatul Qadar”, (HR Baihaqi).

2. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Perbanyak membaca Alquran adalah merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk menggapai malam Lailatul Qadar dengan perbanyak membaca Alquran. Salah satu Hadits tentang keutamaan membaca Al Quran adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud sebagai berikut:

Abdullah ibn Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Quran), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Banyak Berzikir

Berzikir juga merupakan amalan agar kita bisa meraih malam Lailatul Qadar. Perintah Zikir ini terdapat dalam beberapa surat didalam Alquran, di antaranya adalah Surat Al Ahzab ayat 41

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا ۙ‏ ٤١

“Wahai orang-orang yang beriman, berzikirlah kepada Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab: 41).

Hadits Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wasalam

“Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dengan orang yang tidak berzikir kepada Tuhannya adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati”, (HR. Al-Bukhari).

4. Itikaf

Dalam menyambut dan meraih malam Lailatul Qadar, umat muslim disunnahkan melakukan itikaf. Adapun itikaf sendiri adalah berdiam diri di masjid dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wasalam

“Sungguh saya beriktikaf di di sepuluh hari awal Ramadhan untuk mencari malam kemuliaan, kemudian saya beriktikaf di sepuluh hari pertengahan Ramadhan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa Lailatul Qadar terdapat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Barangsiapa yang ingin beriktikaf, hendaklah dia beriktikaf (untuk mencari malam tersebut).”

5. Perbanyak sedekah untuk meraih malam Lailatul Qadar

Umat Islam dianjurkan untuk banyak bersedekah di bulan mulia, terutama di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Orang yang bersedekah itu berada dalam naungan sedekahnya pada hari kiamat nanti, sebagaimana hadits ‘Uqbah bin ‘Amir Radhiyallahu ‘anhu menuturkan, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya, hingga digelar pengadilan di antara manusia”.

6. Berdoa dan Memohon Ampunan kepada Allah

Amalan berikutnya yang dapat kita lakukan untuk menggapai kemuliaan Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak doa dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Diriwayatkan, Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wasalam memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu. Aisyah berkata,

“Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan?”

Rasulullah menjawab: “Ucapkanlah,

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

(Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani).

Wallahu a’lam bishawab

*

Baca Juga

Hikmah Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

YPSA.ID – Amalan yang identik dengan bulan Syawal salah satunya adalah puasa sunnah 6 hari. Rasulullah …