Saturday , October 31 2020
Beranda / Arsip Berita / KHAZANAH / Puasa Ayyamul Bidh dan Manfaat Super Didalamnya Bagi Kesehatan
ypsa.id

Puasa Ayyamul Bidh dan Manfaat Super Didalamnya Bagi Kesehatan

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa yang dilakukan oleh umat muslim pada pertengahan bulan Hijriah. Setiap pertengahan bulan ini puasa Ayyamul Bidh bisa dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 kecuali hari tasyrik yakni pada 13 Dzulhijjah.

Puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan, yang mana jika dilaksanakan setiap bulan, pahalanya setara dengan berpuasa selama satu tahun penuh. Keutamaan lainnya yaitu bagi ahli puasa kelak di akhirat akan mendapatkan pintu khusus masuk surga.  Hukum puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun”.(HR. Bukhari no. 1979).

Selain keutamaan yang diperoleh dari segi agama, puasa Ayyamul bidh juga memiliki manfaat baik bagi tubuh kita.

Berikut manfaat dari puasa Ayyamul Bidh:

1. Detoksifikasi Tubuh
Tubuh kita akan mengalami detoksifikasi atau pembuangan racun pada saat berpuasa. Racun-racun tubuh akan keluar dari tubuh melalui keringat, urin, atau saat buang air besar. Dengan begitu, tubuh kita menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Imunitas atau pertahanan tubuh dapat meningkat dengan berpuasa. Untuk mendapatkan manfaat ini, jangan lupa diimbangi dengan makan makanan yang bergizi.

3. Mengurangi Lemak
Dengan berpuasa, lemak pada tubuh dapat berkurang karena energi yang dihasilkan oleh pembakaran sisa glukosa tubuh kita. Dengan begitu, lemak dapat terbakar dan jadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

4. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan
Puasa membuat kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu, saluran pencernaan kita dapat beristirahat sejenak. Saluran pencernaan akan kembali bekerja optimal saat berbuka puasa.

5. Menurunkan berbagai resiko penyakit dalam tubuh
Berpuasa juga dapat menurunkan berbagai resiko penyakit dalam tubuh, Seperti:
Darah tinggi, hal ini dikarenakan saat berpuasa produksi hormone dalam tubuh kita akan lebih terkontrol seperti hormone adrenalin yang menyebabkan kenaikan tekanan darah dalam tubuh.
Resiko Plak Jantung, hal ini dikarenakan asupan lemak jahat pada tubuh akan berkurang saat kita berpuasa. Dengan berkurangnya asupan lemak jahat tersebut maka jantung kita akan lebih sehat dan terhindar dari resiko plak jantung.
Resiko diabetes, saat berpuasa tubuh kita akan meningkatkan proses pemecahan glukosa untuk sebagai modal untuk memproduksi energy dalam tubuh. Dengan pemecahan glukosa tersebut, dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh karena proses tersebut memproduksi insulin dalam tubuh sehingga kita akan lebih terhindar dari resiko diabetes.
Penyakit ginjal, hal ini dikarenakan berkurangnya konsumsi air selama berpuasa.
Serangan jantung, hal ini dikarenakan tubuh kita mengalami penurunan tingkat trigliserida (TG) hingga rata-rata 15 persen dan penurutnan kolestrol low density liporprotein (LDL) hingga 10 persen yang merupakan salah satu factor resiko penyebab terjadinya serangan jantung.

6. Memanjangkan Umur
Berpuasa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat setelah melalui proses detoksifikasi. Tubuh yang lebih sehat dapat membuat umur lebih panjang.

7. Merawat Kecantikan Kulit
Metabolisme tubuh saat puasa dapat beristirahat dengan baik sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bisa bekerja lebih maksimal. Kondisi ini dapat memengaruhi kekencangan organ tubuh luar, seperti membuat kulit lebih kencang dan segar.

8. Memperbaiki pola makan
Pola makan saat berpuasa juga lebih teratur daripada saat tidak berpuasa. Sehingga kesehatan akan lebih terjaga dan tentunya menjaga kesehatan tubuh kita.

Sumber: kumparan.com, berbagai sumber

Baca Juga

ypsa.id

Kenapa Imam Syafi’i Menggunakan Tongkat Di Usia Muda? Jawabannya Mengagumkan

Bernama asli Muhammad bin Idris ini merupakan salah satu permata zaman. Kaum Muslimin dan ulamanya …