Beranda / Arsip Berita / KHAZANAH / Anda Sholat Tepat Waktu? Inilah 5 Macam Keutamaan yang Didapat
ypsa.id

Anda Sholat Tepat Waktu? Inilah 5 Macam Keutamaan yang Didapat

Menyegerakan shalat, satu hal yang terlihat sepele namun sering kali banyak diabaikan oleh banyak orang. Padahal menyegerakan shalat di awal waktu memberikan banyak keutamaannya. Karena saat menyegerakan shalat, berarti di waktu itulah seorang hamba bergegas mendekati panggilan dari Rabb-nya.

Inilah keutamaan yang diberikan kepada mereka yang melaksanakan shalat tepat waktu:

1. Shalat tepat Waktu Dicintai Allah melebihi Berbakti pada Orang Tua dan Berjihad
Abdullah Ibnu Mas’ud RA berkata, ‘Aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala? Beliau SAW menjawab, ‘salat pada waktunya’. Kemudian apalagi? Beliau menjawab, ‘Berbakti kepada kedua orangtua’. Kemudian apalagi? Beliau menjawab, “Jihad fii sabilillah“..” (HR. Bukhari & Muslim).

2. Surga adalah Balasannya
Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Allah Ta’ala berfirman: ”Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.

3. Diampuni Dosa-dosanya
Sesungguhnya seorang hamba yang Muslim, jika menunaikan shalat dengan Ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya Daun-daun ini dari pohonnya.” (HR. Ahmad).

4. Pahala Kebaikan yang amat Besar
Rasulullah bersabda: “…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)

5. Memperoleh Sembilan macam Kemuliaan
Utsman bin ‘Affan RA berkata: “Barang Siapa selalu mengerjakan Shalat Lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan Memuliakan nya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu :

a). Dicintai Allah,
b). Badannya selalu sehat,
c). Keberadaannya selalu dijaga malaikat,
d). Rumahnya diberkahi,
e). Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih,
f). Hatinya dilunakkan oleh Allah,
g). Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat,
h). Dia akan diselamatkan Allah dari api neraka
i). Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih Hati.”

Semoga Allah senantiasa membimbing kita dengan hidayah dan Taufiq-Nya.

Sumber: islampos.com

Baca Juga

Hikmah Surat Al-Anbiya 87-89: Kisah Nabi Yunus Alaihis Salam

ypsa.id – Kisah Nabi Yunus di Surat Albiya bisa menjadi pelajaran bagi manusia. Bahkan doa Nabi …