Beranda / Arsip Berita / KHAZANAH / Laknat Allah Bagi Peminum, Pembeli, Penjual Dan yang Terlibat Dengan Miras
ypsa.id

Laknat Allah Bagi Peminum, Pembeli, Penjual Dan yang Terlibat Dengan Miras

Syekh Abu Bakar Jabir al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjelaskan miras masuk dalam kategori khamar yang dilarang dalam Islam. Setiap minuman yang memabukkan adalah khamar apapun jenisnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَكُلُّ خَمْرٍ حَرَام

Setiap yang memabukkan adalah khamar dan setiap khamar adalah haram.” (HR. Muslim)

Nabi Muhammad saw bahkan menyebut bahwa Allah swt melaknat orang-orang yang meminum khamar. Tidak hanya peminum, orang-orang yang terlibat dalam jual beli khamar dari pemeras anggur hingga penjual juga masuk sebagai orang-orang yang dilaknat Allah.

Rasulullah saw bersabda:

لَعَنَ اللَّهُ الْخَمْرَ وَشَارِبَهَا وَسَاقِيَهَا وَبَائِعَهَا وَمُبْتَاعَهَا وَعَاصِرَهَا وَمُعْتَصِرَهَا وَحَامِلَهَا وَالْمَحْمُولَةَ إِلَيْهِ

Allah melaknat khamar, orang yang meminumnya, orang yang menuangkannya, penjualnya, pembelinya, orang yang memerasnya, orang yang mengambil hasil perasannya, orang yang mengantarnya dan orang yang meminta diantarkan.” (HR. Ahmad, Abu Daud & Ibnu Majah).

Allah swt juga mengatakan meminum khamar adalah perbuatan syaitan. Sehingga harus dijauhi perbuatannya bagi seorang Muslim.

Allah swt berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 90:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Khamar disebut memang memiliki manfaat, mulai dari khasiatnya dalam menghangatkan badan saat cuaca dingin. Dalam kaitannya dengan isu saat ini, miras mungkin dapat meningkatkan investasi hingga menyerap tenaga kerja. Namun manfaat tersebut masih lebih kecil dampaknya dibanding keburukannya.

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 219.

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ ۖ قُلْ فِيهِمَآ إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَٰفِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَآ أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا ۗ

Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.

Sumber: ihram.co.id

Baca Juga

Hikmah Surat Al-Anbiya 87-89: Kisah Nabi Yunus Alaihis Salam

ypsa.id – Kisah Nabi Yunus di Surat Albiya bisa menjadi pelajaran bagi manusia. Bahkan doa Nabi …