Beranda / EDUSAINTEK / Astronot jepang Terpukau dengan Keindahan Masjidil Haram dari Luar Angkasa
ypsa.id
Foto kota Mekkah yang dipotret dari luar angkasa.(Twitter/@Astro_Soichi)

Astronot jepang Terpukau dengan Keindahan Masjidil Haram dari Luar Angkasa

Baru-baru ini seorang astronaut Jepang yang sedang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) membagikan foto Kota Suci Mekkah yang ia potret dari luar angkasa. Astronaut bernama Noguchi Soichi itu mengunggah foto Mekkah tersebut lewat akun Twitternya, @Astro_Soichi.

Di antara foto yang diambil Noguchi itu ada pemandangan Kota Suci Mekkah dan Masjidil Haram yang megah.

“Kota Suci Mekkah Arab Saudi,” cuit Noguchi dalam akun Twitternya tersebut.

Dari foto yang ia unggah itu, tampak keindahan Kota Suci Mekkah secara luas. Yang paling menarik, adalah bagian Masjidil Haram yang terlihat putih berkilau di tengahnya.

Dari luar angkasa, foto Masjidil Haram itu memang tampak begitu mencolok daripada daerah sekitarnya. Adapun daerah lain yang juga terlihat jelas karakternya adalah kontur Lembah Mina di sebelah kanannya.

Soichi mengunggah foto tersebut pada 29 April lalu. Namun, hingga kini, foto itu masih ramai menjadi perbincangan warganet.

Banyak warganet berkomentar dengan mengucapkan apreasiasi kepada Soichi. Sebab, dari sekian banyaknya tempat di Bumi yang terlihat dari luar angkasa, Soichi ikut mengabadikan pemandangan Mekkah dan Masjidil Haram.

“Terima kasih. Anda sudah menyentuh hati jutaan umat muslim,” tulis salah satu pengguna Twitter.

Tak ketinggalan, astronaut pertama Uni Emirat Arab, Hazza Al Mansouri, juga terlihat ikut merespons dengan meretweet unggahan Noguchi.

“Kota Suci Mekkah,” tulisnya.

Selama ini Kota Suci Mekkah, terutama pada bagian masjid suci umat Islam itu, memang terkenal dengan keindahannya. Tidak hanya indah dilihat dari permukaan Bumi, tapi juga dari luar angkasa.

Sebelumnya, kosmonaut asal Rusia bernama Sergey Ryazanskiy juga pernah membagikan foto-foto Kota Suci Mekkah dari luar angkasa. Pada September 2017 lalu, Ryazanskiy membagikan empat foto Mekkah dari angkasa, yang menurutnya merupakan salah satu wilayah yang paling menarik perhatiannya, melalui akun Instagramnya, @sergeyiss.

Pada foto-foto itu, ia memberikan caption, “Tempat tersuci dalam dunia Islam. #Mekkah itu indah siang dan malam. Tidak mungkin untuk keliru dalam membedakannya dengan kota lain di dunia bahkan dari luar angkasa.”

Foto keindahan Kota Mekkah dari luar angkasa.(Instagram/@sergeyiss)

Selain Ryazanskiy, astronaut lain yang juga pernah membagikan foto Mekkah dari luar angkasa adalah Randy Bresnik. Astronout asal Amerika Serikat yang selama ini dikenal suka main Twitter itu pernah membagikan foto Mekah dari luar angkasa di akun Twitter-nya, @AstroKomrade.

“Kota Suci Mekkah, tempat Kakbah telihat dengan jelas bahkan dari orbit,” tulis Bresnik menyertai foto yang dibagikannya itu.

ISS yang menjadi rumah bagi para astronaut itu saat tinggal di luar angkasa adalah tempat yang memungkinkan mereka untuk melihat banyak wilayah Bumi kita dari atas. Tak hanya melihatnya, mereka juga bisa mengambil foto-foto sejumlah wilayah di Bumi dari luar angkasa dan membagikannya kepada publik.

Mereka dapat memotret wilayah tertentu di Bumi jika kebetulan saat itu ISS sedang berada di atasnya. Saat mereka tinggal di sana ISS secara konstan terus mengorbit atau memutari Bumi.

Adapun Kota Mekkah sendiri, yang kerap jadi objek foto banyak astronaut, adalah satu dari dua Kota Suci umat Islam yang berada di Arab Saudi. Di kota itu Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Di kota itu juga kitab suci Alquran pertama kali diturunkan. Di kota itu pula jutaan umat Islam dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

Baca Juga

ypsa.id

Para Insinyur Harvard dan MIT Kembangkan Masker Canggih Pendeteksi Covid-19

Para insinyur di MIT dan Harvard University merancang masker-masker wajah baru yang dapat mendekteksi infeksi …