Beranda / Featured / Siswa-Siswi SMA YPSA Terpilih Ikuti Forum Pelajar Indonesia 2018
ypsa.id

Siswa-Siswi SMA YPSA Terpilih Ikuti Forum Pelajar Indonesia 2018

Sebanyak lima pelajar SMA Shafiyyatul Amaliyah ke Forum Pelajar Indonesia tahun 2018 yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia berlangsung di Jakarta tanggal 7-12 Agustus 2018. Program yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, private sector, berbagai organisasi masyarakat sipil, dan media.

Lima siswa tersebut adalah Arya Nugraha (11-E), Nadhiyah Barkah Hasibuan (12-US), Salsabila Ayuandira Andri (12-US), OK. Ahmad Ariq (12-C), Shakina Amanda (12-C), dan guru pendamping Yunita Sihotang, M.Pd.

Kepada para siswa yang berhasil berangkat, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah Hj. Rahmawaty berpesan agar menjadikan Forum Pelajar Indonesia tingkat nasional tahun 2018 sebagai latihan kemandirian.

“Mulai dengan niat keikhlasan karena Allah SWT dan diharapkan bisa manfaatkan forum ini menjadi pelatihan sebagai pemimpin, karena pesertanya dari seluruh Indonesia,” katanya dalam arahan saat pemberangkatan, Kamis (2/8).

“Kita harap pelajar YPSA bisa menjadi teladan dalam kegiatan tersebut. Tidak mustahil dalam kurun waktu 20 tahun mendatang muncul pemimpin bangsa dari forum, termasuk dari YPSA,” ujarnya.

Kepala SMA YPSA Bagoes Maulana, M.Kom., mengatakan bahwa panitia nasional menyeleksi dengan kualifikasi yang telah ditetapkan adalah mempunyai kemampuan dasar bahasa Inggris yang baik, membuat esai sesuai tema yang telah ditentukan, lolos seleksi administrasi secara online, membuat video dengan tema “Terima Kasih Indonesia” atau “Gotong Royong”, dan Sehat Jasmani.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi siswa/i kita untuk mengembangkan kreativitas, pola pikir kritis, serta wawasan kebangsaan mereka. SMA Shafiyyatul Amaliyyah sebagai salah satu sekolah internasional di Indonesia, selalu berusaha mengikutsertakan siswa/inya dalam kegiatan berskala lokal, nasional dan internasional. Hal ini bertujuan juga untuk mengasah interpersonal skill mereka agar dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan masyarakat nantinya”.

Bagoes menambahkan bahwa Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan 250 pelajar tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas. Forum ini membuka ruang pelajar untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam upaya menumbuhkan karakter kepemimpinan dan integritas pelajar Indonesia.

Forum ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemu dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia. Outcome-nya adalah pelajar memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing.

Berbagai aktivitas akan dilaksanakan anatara lain Leaders Panel, Wisdom Talk, Workshop, Ministerial Speak, Cultural Peformance, Meet The CEO, Meet The Leader, Social Action, Inaugurasi, School Exhibition, Opening Ceremony, Culinary Exhibition, Kunjungan Lembaga Negara, Corporate Visit, Focus Group Discussion, Working Group, Field Trip, dan lain-lain.

Baca Juga

ypsa.id

Siswa SMA YPSA Berbagi Takjil Selama 1 Minggu

YPSA.ID – Siswa-siswi SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) kembali melaksanakan kegiatan berbagi takjil buka …