Thursday , September 19 2019
Beranda / Featured / Siswa-Siswi Program Sister City Asal Jepang Terkesan Dengan SMA YPSA
ypsa.id

Siswa-Siswi Program Sister City Asal Jepang Terkesan Dengan SMA YPSA

SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) menyambut kedatangan sepuluh pelajar Ichikawa Jepang program Sister City kunjungi YPSA di pendopo sport centre YPSA, Senin (19/8/19).

Tampak hadir yang mendampingi 10 siswa pertukaran pelajar ini yakni bapak Khairul Syahnan, ST.M.AP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan kota Medan serta Drs. Zainul Achmaddin Yaqin, MAP., Kasubbag Kerjasama Luar Negeri pada Bagian Kerjasama, Setda Kota Medan.

Dalam kesempatan ini, para pelajar Jepang suguhkan pertunjukan Karate dan Workshop kebudayaan Jepang seperti Shodo, Origami, Permainan tradisional Jepang. Begitupun dengan siswi SMA YPSA berikan persembahan Tari tradisional Indonesia yang berasal dari Batak Toba, Marsihurupan.

Bapak Khairul Syahnan dalam sambutannya mengatakan bahwa program sister city ini berguna untuk mempererat silaturahmi 2 kota sekaligus 2 Negara, Medan, Indonesia dan Ichikawa, Jepang. “Kami melihat siswa-siswi YPSA selalu aktif dalam kegiatan ini setiap tahunnya dan untuk itu Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada YPSA.

Drs. Zainul Achmaddin Yaqin, MAP., yang akrab disapa pak Tom ini mengatakan bahwa kunjungan pelajar dari Ichikawa Jepang kali ini merupakan salah satu rangkaian program kerjasama sister city yang tertuang antara kota Medan dan Ichikawa Jepang. “Program ini dilaksanakan dalam 3 tahun sekali. Seperti pada tahun 2018 kemarin kita mengirimkan 10 pelajar ke kota Ichikawa. Dan pada tahun 2019 ini Ichikawa mengirimkan pelajarnya dengan jumlah yang sama ke kota Medan”.

“Siswa-siswi Ichikawa mengunjungi kota Medan sejak tanggal 12 sampai tanggal 19 Agustus 2019. Selama 8 hari program di Medan, pelajar Jepang kita ikutkan dalam upacara Nasional dalam peringatan dirgahayu HUT ke 74 RI di lapangan Benteng. Kegiatan lainnya dengan memberikan pengenalan budaya etnis kota Medan, seperti baju adat, tarian tradisional, dan lain sebagainya. Selanjutnya siswa-siswi Jepang ini kita bawa ke tempat objek wisata Sumatra Utara seperti Danau Toba, dan Brastagi”. Akhiri pak Tom.

“YPSA adalah satu-satunya sekolah yang dikunjungi oleh siswa-siswi Ichikawa Jepang dalam program sister city ini”, tambah pak Tom.

Pembina YPSA Buya Sofyan Raz dan Ketua Umum YPSA Umi Hj. Rahmawaty menyambut baik kedatangan 10 pelajar Jepang ini di ruang Sakinah gedung Internasional YPSA. Ketua Umum YPSA mengucapkan selamat datang di YPSA. “Kami mengucapkan sangat bersyukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada Pemko Medan yang telah mempercayai SMA YPSA dalam turut terlibat dalam program sister city ini. Hal ini tentunya tidak terlepas dari komitmen YPSA sebagai sekolah Internasional di kota Medan untuk terus membuka peluang kepada pelajar luar negeri untuk belajar disini”.

Disamping itu, terang Umi, “kehadiran pelajar Jepang ini dapat menjadi motivasi bagi pelajar YPSA lainnya untuk dapat mengikuti program sister city seperti yang akan diikuti oleh siswa SMA YPSA yang akan ke Gwangju Korea Selatan bulan November 2019 nanti”.

Sudo Aoi, salah satu siswi asal Jepang mengatakan sangat senang berada di Indonesia khususnya Medan dan dalam kunjungannya ke sekolah Shafiyyatul Amaliyyah. “Saya suka Indonesia, sangat menyenangkan karena orangnya baik-baik. Makanannya juga enak seperti nasi goreng. Di YPSA juga sangat menyenangkan”.

Akhir acara, Pembina dan Ketua Umum YPSA memberikan buku Biografi kepada perwakilan pelajar Jepang dan dilanjutkan mengunjungi Raz Museum di Raz Plaza Medan.

Baca Juga

ypsa.id

Sistem E-Voting Pemilihan Calon Ketua OSIS SMA YPSA Mampu Kurangi Limbah Kertas

Pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) Tahun Pelajaran …