Saturday , December 5 2020
Beranda / Featured / Saingi 30 Negara, Tim Peneliti SMA YPSA Panen Medali Di Kompetisi ISIF 2020
ypsa.id

Saingi 30 Negara, Tim Peneliti SMA YPSA Panen Medali Di Kompetisi ISIF 2020

Delegasi tim peneliti SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) berhasil meraih medali dalam ajang “International Science and Invention Fair 2020 (ISIF 2020)” yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) dari tgl 06-09 November 2020 secara daring Yang diikuti oleh 400 team dari 30 negara.

“Pengumuman pemenang lomba diumumkan via Zoom meeting pada Minggu (15/11/2020)”, kata kepala SMA YPSA Dahliana, S.Pd., di ruang kerjanya pada Senin (16/11/2020).

Dahliana mengungkapkan sesuai hasil yang diterima, “Tim pertama dengan judul inovasi ‘BS2B TISSUE‘, meraih  Silver Medal kategori Environmental Science. Inovasi BS2B Tissue atau Banana Stem and Sugarcane Bagasse Tissue (tisu batang pisang dan ampas tebu) adalah tissue ramah lingkungan yang terbuat dari batang Pisang dan ampas Tebu. Tekstur batang pisang dan ampas tebu tebal dan mengandung selulosa yang merupakan bahan pembuatan tisu ramah lingkungan”.

“Tim kedua dengan judul inovasi ‘Healthy BOBA’, Innovation of Bubble Tea Drinks with Healthy BOBA Toppings, meraih Silver Medal kategori Life Science. Healthy Boba merupakan inovasi minuman bubble tea dengan topping boba sehat berbahan dasar bunga Telang dan Teh Chamomile. Bunga Telang memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk kesehatan jantung, mencegah diabetes, menghilangkan depresi, dan meningkatkan daya ingat. Sedangkan teh chamomile memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes”, Dahliana menjelaskan.

Dahliana mengatakan kembali, “Tim ketiga dengan judul inovasi ‘NELS’ (Natural Eco Lip Stain), meraih Bronze Medal kategori Life Science. NELS merupakan produk berbahan alami dengan menggunakan kulit buah naga, madu, dan biji kesumba keling yang dapat memberikan kekuatan antioksidan pada bibir untuk melindungi dari sinar ultraviolet dan radikal bebas sehingga bibir akan lebih sehat dan cantik. Sekaligus mengurangi pencemaran lingkungan dan secara optimal memanfaatkan bahan-bahan alami yang memiliki nilai guna tinggi dalam kesehatan bibir”.

Sedangkan tim keempat dengan judul inovasi ‘Pud O’mun‘: A healthy Pudding formulation based on traditional herbs to increase endurance, meraih Silver Medal kategori Life Science. Pud O’mun (Puding Immunity) merupakan formulasi puding sehat yang kaya akan manfaat dari ramuan jamu tradisional yaitu jahe, kunyit, gula aren, kayu manis, serai untuk menambah daya tahan tubuh.

Dahliana juga mengucapkan terimakasih atas doa dan dukungannya dari bapak ibu guru dan staff SMA YPSA. Semoga dari kemenangan ini bisa menjadi motivasi untuk terus memberikan hasil Yang terbaik untuk event selanjutnya.

Dicky Mahaputra Tarigan selaku guru pembimbing para peneliti muda ini menambahkan, “Kami membentuk 4 tim dengan 4 judul penelitian, karena minat siswa SMA YPSA dalam bidang penelitian ini sangat besar. Adapun nama siswa-siswi yang meraih medali yakni Tim Satu antara lain Dea Putri Azhari Hasibuan (12 b), Desista Rizka Hasanah Nasution(12 e), Sahirah Ananda Husny(12 a), Shirin Ebadi Salbina (12c), Ukhti Alya Azzahra (12d) dan Vania Aniqa Safwa Nasution (12 b).

Tim kedua Jauza Barizky Siregar (xA), Jihan Afizah (xa), Cut Keysha Anata Mustika (xa), Najwa Hazhiyah Kesuma (xa), Naaila Azzahra Putri ( 11c).

Tim Ketiga Zahra Athifah (12usb), Salwa Fahira Putri Iskandar (12usb), Firyal Alya Rasyita Lubis (12usb), Khairunnisa (12usa), Sarah Dina Tanjung (12usb).

Tim Keempat Akbar mahardi (X us), Raditya Macy widyatamaka nasution (X us), Fahrezi Novrian Purba (xus), Ayesha Zahria afhany (xus), Alisya ayuningtyas (X us), dan winda C. Hamid (X us).

Baca Juga

ypsa.id

SMA YPSA Raih 3 Medali Emas dan 1 Perak Di International Young Inventors Award 2020

Delegasi tim peneliti dari ekskul penelitian NICE CLUB SMA YPSA kembali berhasil meraih medali dalam …