Beranda / Featured / Hak dan Batil di Dalam Al-Qur’an

Hak dan Batil di Dalam Al-Qur’an

YPSA.ID – Kegiatan program pengajian Tabligh Akbar YPSA dilaksanakan dipelataran Masjid Shafiyyatul Amaliyyah bersama narasumber Ustadz Qosim Nurseha Dzulhadi, Lc.,M.A. yang disiarkan langsug dari YPSA pada Sabtu (4/12/2021) di kanal youtube YPSA TV. Beliau menyampaikan tentang hak dan yang bathil di dalam Al-Qur’an.

Kegiatan ini dihadiri oleh pembina YPSA, Ketua Umum YPSA, Sekretaris Umum YPSA, Dewan Pengurus dan Seluruh guru dan staf YPSA. Hadir juga yang mewakili Bapak Kapolda Sumut, yang mewakili Bapak Pangdam Bukit Barisan, yang mewakili Pangkosek Hanudnas III, yang mewakili Danlanud Soewondo, yang mewakili juga Dinas Pendidikan Kota Medan, Danramil Medan Sunggal yang mewakili Dandim 0201BS, seluruh Jajaran TNI dan Polri, serta seluruh tamu undangan dari orang tua murid YPSA dan masyarakat umum.

Dalam tausyiah yang disampaikan, beliau menyampaikan bahwa hak dan bathil di dalam Al-Qur’an sudah sangat jelas sekali tidak boleh dicampuradukkan antara hak dan bathil, harus bisa membedakan antara yang hak dan bathil karena bisa jadi yang bathil dianggap benar.

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

“Dan janganlah kamu campuradukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya”, (Qs: Al Baqarah: 42).

Seruan pertama dalam ayat ini kepada kaum Bani Israil adalah janganlah kamu campuradukkan kebenaran (haq) dengan kebathilan. Kebenaran atau haq dan kebathilan adalah dua hal yang saling berlawanan. Haq berlawanan dengan bathil dan bathil berlawanan dengan haq.

kemudian di dalam doa kita sehari-haripun sering kita ucapkan yaitu

اللهُمَّ أَرِنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا التِبَاعَةَ وَأَرِنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Ya Allah tunjukkanlah kebenaran kepada kami sebagai kebenaran dan karuniakanlah kepada kami untuk mengikutinya, serta tunjukkanlah kebatilan kepada kami sebagai kebatilan dan karuniakanlah kepada kami untuk menjauhinya”.

Di dalam Al-Quran surat Al-Fatihah ayat:6, اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ “ya Allah tunjukilah kami jalan yang lurus”, Istiqhamah di jalan yang lurus, صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ yaitu jalan yang Engkau berinikmat, yang kedua غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ yaitu “bukan jalan yang Engkau murkai”, dan yang ketiga adalah وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ yaitu “bukan jalan yang Engkau sesatkan”.

Pengajian Akbar YPSA ini rutin dilaksanakan dalam setiap satu bulan sekali, guna untuk menjalin silaturahmi serta menambah ilmu sekaligus menambah ketakwaan kita kepala Allah Subhanahu wa ta’ala.

Program pengajian akbar ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali oleh YPSA melalui kanal Youtube YPSA TV sebagai bagian dari komitmen YPSA untuk menyiarkan program-program yang bermanfaat. Untuk dapat melihat seluruh program-program pengajian akbar yang ada di YPSA silakan subscribe di kanal Youtube YPSA TV.

Kegiatan pengajian Tabligh Akbar ini dilaksakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

(*)

 

Baca Juga

Arisyi Raz: Pentingnya Data Sains dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

YPSA.ID – Kegiatan program ULAMA DAN UMARA BERBICARA kali ini bersama narasumber Arisyi Raz, FRM. (Doctoral …