Beranda / EDUSAINTEK / Siswa SMA YPSA Borong Medali Ajang Internasional Di AISEEF 2022
ypsa.id

Siswa SMA YPSA Borong Medali Ajang Internasional Di AISEEF 2022

YPSA.ID – Siswa-siswi Peneliti SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) kembali meraih 1 Medali Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu pada ajang Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022 pada tanggal 2-5 Februari 2022 di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Kepala SMA Shafiyyatul Amaliyyah Dahliana, S.Pd., usai menyambut kepulangan tim peneliti SMA YPSA tersebut di Bandara Kualanamu Sumatra Utara, Minggu (6/2/2022).

Dahliana menerangkan bahwa tim pertama dengan judul penelitian Yupa Yupi All in One dan Special Award from Malaysia Innovation, Invention and Creativity Association-MIICA and Free Registration to I30 2022 meraih medali Emas digagas oleh Cut Keysha Anata, Jauza Barizky, Luthfia Setyaningrum, Nabila Rizky, M. Azka Subhan, dan Ikhsan Octavian.

Tim kedua dengan judul Nuzipa Hair Mask, meraih medali Perak dan Special award from Indonesi Young Scientist Association digagas oleh M. Danish Alfattah, Daiva Amanda, M. Abi Al Fattah, Akbar Mahardi, Salsabila Yusra, dan Mayriel Rasqina. Tim ketiga dengan NECALA Beauty Tint Balm meraih medali Perunggu dan MACADONIA Special Award digagas oleh Jihan Afizah, Sandra Marcelina, Nadya Qanita, Aqeela Aulia, Radian Ayatul, Armando Aulia Delfiello. Sedangkan tim keempat dengan judul Duzitrus Mosquitoes Repellent meraih Medali Perak digagas oleh Fathin Sabira, Artika Dwi andini, Nadaa Ariya, Danisha Revanayla, Kinanti Najmi, dan Khairina Mutia.

Dahliana mengatakan kegiatan Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang berkolaborasi dengan Fakultas Teknik (FT) Universitas Diponegoro (Undip).

Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022 merupakan kompetisi ilmiah tingkat internasional yang bergengsi. Kegiatan AISEEF 2022 diperuntukkan peneliti-peneliti muda yang masih berada di tingkat pelajar dan perguruan tinggi. Ada enam kategori yang dilombakan pada AISEEF 2022 yaitu Cluster Mechanical and Shipping, Entrepreneur, Social Science, Industrial Application, Environmental Science, dan Innovation Science.

“AISEEF merupakan perlombaan internasional kreativitas di bidang sains, lingkungan, dan inovasi kewirausahaan dan berada dalam naungan IYSA (Indonesian Young Scientist Association). IYSA merupakan sebuah lembaga yang memfasilitasi pelajar Indonesia untuk dapat mengembangkan potensi dibidang keilmuan baik di dalam negeri maupun luar negeri” jelasnya.

Dicky Mahaputra Tarigan, S.Pd., selaku pembimbing penelitian mengatakan bahwa kegiatan AISEEF 2022 diikuti sebanyak 428 peserta, terdiri dari peserta offline/luring dan peserta online/daring. Para peserta AISEEF 2022 ini berasal dari 20 negara, meliputi Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura, Iran, Turki, Mesir, Tunisia, Lebanon, Uni Emirat Arab, Kazakhstan, Korea Selatan, Taiwan, Makau, Makedonia Utara, Meksiko, Amerika Serikat, dan Republik Serbia.

“Semua tim ini sudah mulai mempersiapkan dan mendaftarkan diri pada ajang kompetisi bergengsi tersebut sejak 2 bulan lalu. Dengan melewati beberapa tahap perlombaan mulai dari pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper, hingga tahap presentasi di depan para juri yang akhirnya mengantarkan mereka sebagai pemenang pada kompetisi tersebut. Tahapan yang panjang berhasil mengantarkan siswa-siswi sampai disini, dan ini berkat dukungan Kepala SMA Dahliana, Pembina YPSA Buya Sofyan Raz, Ak., M.M. Ketua Umum YPSA Hj. Rahmawati Sofyan Raz, Sekretaris Umum YPSA Miss Rizky Fadilah Raz, M.Psi., Psikolog dan teman guru-guru”, ujarnya.

Baca Juga

ypsa.id

Wisuda YPSA Untuk Merayakan Prestasi

YPSA.ID – Pelaksanaan Wisuda PGTK, SD, SMP, dan SMA Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) TP. …